Friday, January 30, 2015

Sembuhkan Gangrene Dengan Rendaman Ozon

sumber: health.kompas
Gangrene adalah sebuah kondisi dimana banyak jaringan yang mengalami nekrosis atau mati (wikipedia). Biasanya diakibatkan karena luka infeksi, terbakar atau karena suatu penyakit tertentu yang membuat terhambatnya aliran darah, sehingga organ tidak mendapat asupan gisi yang cukup dan terjadilah kematian organ secara perlahan jika tidak mau disebut busuk.

Pada umumnya gangrene memang terjadi pada pasien diabetes dan menyerang kaki, tetapi ada juga karena faktor lain seperti rokok atau kecelakaan (terbakar). Penyembuhannya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus dilakukan dengan dua cara; yaitu menyembuhkan dari luar (luka) dan penyembuhan dari dalam dengan memperbaiki sistem jaringan darah agar sel-sel organ yang telah mati bisa cepat regenerasi.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk penyembuhan kaki gangrene dari luar yaitu dengan melakukan perendaman luka menggunakan cairan yang mengandung ozon. Seperti kita ketahui ozon adalah senyawa yang berbentuk gas, tetapi dia memiliki manfaat luar biasa sehingga pemanfaatan ozon dilakukan melalui media cair.

Pada pasien gangrene memang disarankan untuk senantiasa menjaga luka agar tetap steril. Makhluk mikroorganisme mudah sekali hidup pada jaringan yang rusak, ini yang menyebabkan luka tak kunjung sembuh dan bisa menimbulkan bau tak sedap. Jika makhluk organisme ini dibiarkan, membuat organ tubuh cepat rusak dan membusuk.

Merendam luka dengan cairan ozon bukan hanya membersihkan tetapi juga membunuh makhluk mikroorganisme yang bersarang pada luka. Selain itu perendaman luka dalam kurun waktu kurang lebih satu jam, ozon bisa meresap melalui pori-pori agar bisa memperbaiki jaringan kulit yang sudah rusak. Sehingga dengan perendaman ini luka gangrene bisa cepat sembuh untuk menghindari amputasi.



0 comments:

Post a Comment