Wednesday, February 25, 2015

Inilah Alasan Jamaah Umroh Harus Infus Vitamin C


Umroh merupakan salah satu ibadah yang butuh persiapan khusus jika dibandingkan dengan ibadah lainnya yang bisa dilakukan dari rumah. Setidaknya selain memerlukan biaya yang tidak sedikit, ibadah umroh juga sangat bergantung kepada kondisi kesehatan, baik itu menjelang berangkat umroh, saat pelaksanaan ibadah, maupun setelah kepulangan ibadah umroh. Beberapa aktivitas dan rukun umroh bisa menyita energi apabila tidak dimanage dengan baik. Dan salah satu yang tidak bisa kita prediksi adalah penyebaran penyakit dari foreigner yang bergaul dengan kita saat di tanah suci. Salah satu alternatif pencegahannya adalah dengan perkuat imun tubuh dengan vitamin C.

Diketahui vitamin C adalah antioksidan yang bisa melawan virus, bakteri, jamur serta penangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Jika imun tubuh kuat, tentu saja tidak mudah drop. Mengingat kondisi cuaca ekstrim di Arab Saudi dan beberapa hal berikut ini adalah alasan vitamin C penting bagi jamaah sebelum melakukan ibadah umroh:

Persiapan menjelang keberangkatan


Manasik umroh memang tidak wajib, tetapi pelaksanaannya sangat penting apalagi bagi jamaah yang masih baru pertama kali melakukannya. Sama halnya dengan pemanasan, ritual manasik adalah pelaksanaan uji coba rukun-rukun umroh agar saat pelaksanaan umroh di tanah suci menjadi lancar. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kesehatan, tenaga bisa terkuras hanya untuk pelaksanaan bila tidak dimanage secara benar. Lakukan olahraga secara teratur jauh hari sebelumnya, agar tidak terjadi cedera saat melakukan manasik.


Saat pelaksanaan ibadah umroh
  1. Perjalanan udara jauh
  2. Suhu kabin pesawat yang dingin juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jamaah. gunakanlah penghangat seperti jaket dan kaos kaki.

  3. Kondisi iklim yang berbeda
  4. Iklim Arab Saudi, negara tempat pelaksanaan ibadah umroh lebih ekstrim dibandingkan dengan kondisi iklim negara tempat tinggal kita, Indonesia. Iklim ini bukan hanya berpengaruh pada kesehatan saat pelaksanaannya saja, tetapi juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan jamaah setelah sampai di rumah.

  5. Berbaur dengan foreigner
  6. Foreigner atau orang dari negara yang berbeda dengan kita tentu memiliki life style atay gaya hidup yang tentu juga berbeda. Kita tidak tahu kebiasaan mereka dan kondisi kesehatan mereka. Kondisi asal negara yang berbeda juga bisa mempengaruhi penyebaran suatu penyakit, seperti ebola, meningitis dan sebagainya. Hal ini bisa dicegah dengan selalu menggunakan masker mulut atau masker tangan saat berinteraksi dengan foreigner. Tetapi yang paling utama dan penting adalah kondisi imun tubuh kita sendiri. Imun tubuh yang kuat bisa menangkal segala macam virus berbahaya.

  7. Rukun ibadah
  8. Beberapa rukun umroh seperti tawaf dan sai merupakan rukun ibadah yang bisa menghabiskan energi. Berkeliling ka'bah sebanyak 7 kali ditengah kerumunan jamaah bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi ketika musim umroh, tawaf di lingkaran paling belakang bisa saja terjadi, dan tentu saja akan memerlukan tenaga ekstra. Tak jarang para lansia membutuhkan bantuan kursi roda atau digendong anak-cucu dan keluarga.

  9. Ziarah dan aktivitas selain umroh
  10. Sebenarnya ibadah umroh bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari. Kebiasaan dari negara kita selain pelaksanaan ibadah umroh, ziarah atau tour di sekitar negara Saudi menjadi satu rangkaian umroh yang bisa ditinggalkan. Padatnya aktivitas dan lamanya perjalanan selama ziarah dan tour bisa berakibat dropnya fisik tubuh.
Pasca ibadah umroh

Setelah sampai di tanah air, kegiatan umroh memang sudah berakhir. Tetapi budaya silaturahmi di negara ini, membuat kita tidak bisa mengelak. Akan banyak tamu berdatangan ke rumah, baik sekedar mendengarkan cerita kita saat melakukan umroh maupun untuk meminta doa. Silaturahim bukan hanya dengan satu dua orang. Di beberapa daerah, silaturahim bahkan dilakukan oleh seluruh warga yang kadang berkunjung tidak kenal waktu. Tamu-tamu berdatangan yang tidak bisa diprediksi waktunya ini bisa menjadi penyumbang lelah yang mungkin akan bertumpuk dengan kelelahan sebelum-sebelumnya.

Inilah kenapa rangkaian ibadah umroh memerlukan tubuh yang fit. Kita bisa saja drop jika tidak mengantisipasinya sejak awal. Oleh karena itu sangat kami rekomendasikan infus vitamin C untuk penunjang imun tubuh Anda. Infus ini bisa dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan ibadah. Bisa lakukan perorangan maupun dilakukan kolektif berjamaah. Dan tentu saja bisa menghemat waktu dan biaya jika dilakukan secara bersama-sama.

0 comments:

Post a Comment