Friday, February 6, 2015

Obat Nutrisi Otak Bagi Kesehatan

Di dalam otak manusia terdapat zat kimia yang bernama phosphatidylcholine, adalah suatu komponen utama membran sel saraf. Jika komponen utama penyusunnya mengalami kerusakan bukan tidak mungkin otak juga mengalami gangguan. Salah satu nutrisi penting yang dapat menjaga kerusakan ini adalah citicoline, yang merupakan molekul pengantara biosintesis dari phosphatidylcholine untuk meningkatkan integritas structural dan fungsional membrane sel saraf, serta membantu perbaikan membrane sel yang telah rusak. Pada pasien stroke citicoline juga membantu rehabilitasi pasien, pemulihan dari lesi otak dan sumsum tulang belakang, proses penyembuhan pasien Alzheimer, serta penyakit neurologis lainnya. Peranannya yang sangat penting bagi perbaikan sel saraf otak, membuat citicoline ini disebut sebagai nutrisi otak.

sumber gambat: kliniknutrisi.com

Bukan hanya untuk orang sakit, pentingnya pemberian nutrisi otak juga untuk menjaga kesehatan otak manusia dari pengaruh usia atau menjaga kepikunan. Hanya saja ada batasan usia untuk mengkonsumsinya yakni minimal 35 tahun.

Sementara untuk penggunaan secara medis, nutrisi otak ini memiliki fungsi diantaranya:

1. Rehabilitasi Setelah Serangan Stroke

Setelah orang terkena serangan stroke, seringkali ia mengalami gangguan pada membran selnya. Hal ini juga mengganggu pembentukan phosphatidylcholine dalam otak. Rekomendasi penggunaan nutrisi otak ini dapat membantu meningkatkan terbentuknya phosphatidylcholine. Pada pasien stroke Iskemia, citicoline dapat memberikan manfaat dalam memberikan harapan peningkatan pemulihan kesadaran pasien yang koma, peningkatan fungsi saraf, peningkatan kekuatan otot yang terhubung dengan otak, ambulasi dan kognisi. Dan diperkirakan kemungkinan penyembuhan dan pemulihannya hingga 2x lipat dalam kurun waktu 3 bulan.


2. Gangguan Ingatan Pada Usia Lanjut

Gangguan ingatan akibat usia atau manula kerap disebut sebagai kepikunan, citicoline mampu memperbaiki kemampuan kognitifnya, meningkatkan kemampuan verbal, serta meningkatkan kemapuan mengingat.

3. Alzheimer's Disease

Citicoline menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, terutama kemampuan orientasi spasial temporal, menurunkan kadar IL 1 beta pada penderita AD setelah penggunaan citicolin selama 3 bulan.

4. Terapi pada Kerusakan Sistem Saraf

Citicoline diharapkan mampu membantu rehabilitasi memori pada pasien dengan luka pada kepala dengan cara membantu dalam pemulihan darah ke otak. Studi klinis menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif dan motorik yang lebih baik pada pasien yang terluka di kepala dan mendapatkan citicoline. Citicoline juga meningkatkan pemulihan ingatan pada pasien yang mengalami gegar otak.

1 comment: