Monday, February 23, 2015

3 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Menyempitnya Pembuluh Darah

sumber gambar: log.viva.co.id

Jantung merupakan organ vital manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika darah tak dapat mengalir, maka kita tak bisa tumbuh dan berkembang secara baik. Karena peran darah sangat penting, ia membawa sari-sari makanan yang amat penting untuk keberlangsungnya seluruh organ tubuh. Bahkan bisa berakibat matinya sel-sel tubuh. Salah satu faktor yang menyebabkan darah tak bisa mengalir adalah menyempitnya pembuluh darah. Hal ini bisa karena faktor gen atau keturunan atau karena faktor lain seperti penumpukan lemak akibat kolesterol jahat. Sehingga menyebabkan dinding-dinding arteri menebal dan menutupi jalannya aliran darah mengakibatkan tidak bekerjanya suatu organ yang sulit dialiri darah. Nah inilah 3 penyakit utama yang diakibatkan oleh menyempitnya pembuluh darah:
  1. Penyakit Jantung
  2. Sebenarnya yang paling umum dari penyakit jantung adalah menyempitnya pembuluh darah di area jantung atau yang disebut sebagai arteri jantung. Apabila pembuluh darah menuju jantung menyempit, bukan tidak mungkin jika asupan darah dan oksigen ke jantung juga semakin sedikit. Akibatnya jantung tidak bisa bekerja secara maksimal dan menimbulkan nyeri hebat di dada tepat dimana jantung berada. Fatalnya jantung bisa berhenti secara tiba-tiba yang menyebabkan kematian mendadak
  3. Arteri Perifer
  4. Penyempitan yang terjadi pada bagian lengan atau kaki, sehingga suplai darah menuju lengan dan kaki menjadi terhambat, menimbulakan kesemutan, kram, dan nyeri hebat. Penyakit arteri perifer yang lebih parah bisa menyebabkan kematian organ. Seperti yang terjadi pada pasien diabetes, meskipun kaki gangrene penyebab utamanya bukan karena pembuluh darah yang menyempit, melainkan darah yang sulit mengalir karena kandungan gulanya yang terlalu tinggi, juga bisa menyebabkan kematian organ yang berujung amputasi
  5. Stroke
  6. Penyakit yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak. Bisa karena menyempitnya pembuluh darah atau karena faktor lain. Jika asupan darah ke otak semakin berkurang, bisa mengakibatkan kematian sel-selnya sehingga mengganggu kerja otak. Padahal otak adalah pusat pengendali gerak tubuh seseorang. Oleh sebab itu banyak penderita stroke yang mengalami kelumpuhan atau mengalami demensia lebih dini, karena otaknya tidak dapat bekerja secara maksimal.
Menyempitnya pembuluh darah bisa diakibatkan oleh faktor makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, gaya hidup yang tidak sehat serta tidak adanya tindakan preventif dalam pencegahannya. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan terapiozon untuk menghindari terjadinya penyempitan pembuluh darah.

1 comment:

  1. Penyakit-penyakit tersebut bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti sering makan makanan yang berlemak dan kurang olahraga.

    ReplyDelete