Thursday, March 5, 2015

5 Cara Mudah Mencegah Diabetes Melitus

sumber: iran-daily.com
Usia muda belum tentu bisa bebas dari resiko diabetes. Penyakit karena tingginya kadar gula dalam darah ini bisa menyerang siapa saja. Kenyataan pahitnya ternyata sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan diabetes. Belum ada obat yang efektif menormalkan kinerja pankreas untuk maupun meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin. Oleh karena itu kerap kali penyakit diabetes ini sering disertai dengan komplikasi penyakit lainnya. Komplikasi inilah yang banyak menjadi penyebab kematian, bukan diabetes itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mencegah agar tidak terserang diabetes melitus dengan 5 cara mudah mencegah diabetes melitus berikut ini:

1. Mengontrol Gula Darah Secara Rutin
Mengontrol penyebab utama dari penyakit diabetes melitus sangatlah penting. Setidaknya dengan mengontrol gula darah secara rutin, kita jadi lebih mengontrol pola makan dan pola hidup. Apalagi bagi yang memiliki riwayat diabetes atau keturunan dari keluarga diabetes berisiko lebih tinggi.

2. Mengontrol Konsumsi Karbohidrat
Pepatah dari nenek moyang kita, "masih berasa lapar jika belum makan nasi" harus dihapus dari mind set kita. Makanan sumber energi bukan hanya nasi, tetapi banyak makanan pengganti lainnya yang lebih sehat seperti umbi-umbian atau gandum. Karena pada dasarnya nasi yang notabene karbohidrat sederhana merupakan penyumbang naiknya kadar gula. Karbohidrat sangat mudah diubat menjadi glukosa. Bukan tidak boleh memakan nasi, tetapi sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 10% dari konsumsi makanan kita sehari-hari, kecuali beras merah.

3. Banyak Menggerakkan Tubuh
Kurangnya gerak tubuh juga bisa menjadi pemicunya datangnya penyakit yang bukan hanya diabetes. Menurut penelitian, olahraga ringan yang dilakukan rutin 30 menit setiap hari bisa mengurangi resiko dibetes lebih dari 50%. 

4. Menjaga Pola Makan
Ternyata membiarkan perut kosong lebih dari 4 jam bisa membuat gula darah cepat naik saat kita mengisi perut kembali. Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya serat serta mengurangi makanan-makanan yang mengandung lemak hewani. Akan lebih baik jika kita lebih banyak mengkonsumsi sayuran.

5. Menjaga Berat Badan
Dari keempat point diatas dapat membantu mengontrol berat badan. Berat badan yang terlalu gemuk bisa memperbesar resiko diabetes. Penting untuk menambahnya dengan diet seimbang.




2 comments:

  1. Perbanyak makanan yang kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran juga sangat membantu....

    ReplyDelete