Monday, March 9, 2015

Marah dan Cemas Bisa Sebabkan Serangan Jantung


Tanpa kita sadari ternyata marah dan rasa cemas dapat menimbulkan serangan jantung. Hal ini berdasarkan dari sebuah hasil study di Australia yang menyebutkan bahwa Seseorang bisa terkena serangan jantung 8.5 kali lebih mungkin setelah dua jam terjadi kemarahan.

Penelitian ini dilakuakn oleh dokter Thomas Buckley dan Professor Geoffrey Toffler. 42 persen dari penyebab kemarahan adalah karena permasalahan keluarga sementara lainnya karena masalah pekerjaan dan emosi saat di jalan raya.

Selain karena marah, rasa cemas juga bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Bahkan rasa cemas lebih tinggi tingkat resikonya daripada marah, yaitu 9.5 kali lebih mungkin saat setelah orang dua jam terjadi kecemasan akut.

Kedua emosi ini memang mempengaruhi peningkatan denyut jantung. Sehingga bisa kita lihat raut muka orang marah, akan terlihat merah membara. Keduanya bisa membuat tekanan darah naik, pembuluh darah mengecil serta meningkatkan pembekuan. Wih serem ya.

Tetapi jangan terlalu khawatir berlebihan, emosi yang bisa memicu serangan jantung juga dipengaruhi adanya faktor resiko lainnya, yaitu orang tersebut memiliki riwayat penyakit yang bisa menimbulkan resiko serangan jantung, seperti stroke, hipertensi, diabetes, serta memiliki riwayat penyakit jantung.

So, untuk menghindari penyakit jantung, kita harus rutin memeriksakan diri tentang kesehatan jantung kita. Dan melakukan tindakan preventif terapi ozon sejak dini.

0 comments:

Post a Comment