Wednesday, March 25, 2015

Mengenal Penyakit Parkinson


Parkinson termasuk salah satu penyakit yang belum ditemukan obatnya. Penyakit yang banyak menyerang orang berusia lanjut ini memang nampak mengerikan, hingga menurut sebuah survey yang dilakukan sebuah yayasan parkinson di Amerika Serikat menyebutkan, beberapa orang malas mengunjungi dokter untuk membahas soal parkinson.

Apa sih sebenarnya penyakit parkinson itu?

Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf di otak. Dimana sel-sel syaraf yang bernama dopaminergic mengalami kerusakan sehingga zat dopamin yang dihasilkan mengalami penurunan. Hal ini bisa menyebabkan penurunan fungsi baik motorik maupun kognitifnya. Sehingga bisa terlihat jelas, pasien parkinson mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan tubuhnya.

Penyakit ini ditemukan oleh seorang dokter asal London bernama James Parkinson pada tahun 1817. Ada beberapa hal yang bisa menajdi penyebab parkinson diantaranya adalah:

Usia:

Umumnya parkinson memang menyerang orang tua dengan usia lanjut yang biasa disebut parkinson primer. Sel-sel syaraf pada orang tua mengalami pengapuran dan penurunan fungsi dalam menghasilkan zat dopamin. Resiko orang tua berusia lanjut lebih besar dengan perbandingan 1 dari 100 orang berusia diatas 65 tahun dan 1 dari 250 orang berusia diatas 40 tahun.

Faktor Genetik:

Yang tidak bisa dicegah adalah jika terdapat faktor genetik pada garis keturunan kita. Jika ayah atau ibu kita membawa gen parkinson, resiko parkinso menjadi semakin besar. Namun bukan berarti menjadi ketakutan kita. Meskipun tidak bisa diobati, kita bisa memperlambat atau mencegah sebelum parkinson itu datang salah satunya adalah dengan terapi parkinson menggunakan glutathione.

Penyakit:

Beberapa penyakit seperti Stroke, diabetes, tumor dan penyakit gangguan pembuluh darah bisa menjadi penyebab parkinson. Hal ini disebabkan karena dopamin tidak tersalurkan dengan sempurna atau mengalami pernghambatan.

Lingkungan:

Paparan pestisida dan oxidant tinggi juga bisa menjadi penyebab timbulnya gejala penyakit parkinson. Dimana oxidant tinggi bisa merusak sel-sel tubuh tak terkecuali sel syarat Dopaminergic. Untuk itu zat anti oxidant seperti vitamin E, vitamin C dan protein glutathione sangat dibutuhkan tubuh sebagai pelindung dari paparan bahaya lingkungan yang kini kurang bersahabat.

0 comments:

Post a Comment