Saturday, March 28, 2015

Seluk Beluk Meningitis atau Radang Selaput Otak

Meningitis atau penyakit radang selaput otak saat ini menjadi perhatian serius. Pasalnya komedian kondang Olga Syahputra dikabarkan meninggal akibat penyakit ini.

Sebenarnya apa penyakit meningitis itu? Yaitu adanya peradangan pada selaput yang membungkus sistem syaraf pusat. Bisa di otak atau pada sumsum tulang belakang. Kondisi ini bisa menyebabkan selaput meningitis membengkak dan berakibat fatal apabila tidak segera ditangani.

Penyebab

Peradangan pada selaput meningitis disebabkan oleh gangguan mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan virus.

Berbeda penyebab berbeda pula penyembuhannya. Meningitis yang disebabkan oleh virus bisa lebih terkontrol bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi meningitis yang disebabkan oleh bakteri perlu perhatian khusus dan bisa mengancam sistem syaraf pusat hingga berakibat kematian.

Penularan

Bukan hanya orang dewasa, meningitis juga bisa terjadi pada anak-anak dan bayi yang baru lahir karena begitu mudahnya peralihan mikroorganisme ini. Perantaranya bisa melalui kontak fisik langsung, udara, maupun media penularan seperti penggunaan gelas air minum bersama.

Umumnya ditularkan oleh negara-negara dari edemik meningitis seperti Afrika dan Arab Saudi. Oleh karena itulah Jamaah haji atau umroh maupun orang-orang yang bepergian ke luar negeri selalu disarankan untuk infus vitamin C atau melakukan vaksin meningitis.

Pengobatan dan Pencegahan

Diperlukan terapi rutin meningitis atau setidaknya selalu waspada untuk tindakan pencegahan. Diantaranya tidak lupa menjaga daya tubuh. Kondisi yang vit bisa mencegah masuknya berbagai ancaman virus dan bakteri. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan infus vitamin C baik sebelum maupun setelah perjalanan dari luar negeri.

0 comments:

Post a Comment