Monday, March 30, 2015

Travellerpun Harus Waspada Dengan Meningitis

sumber gamabr: lifehacker.com
Melancong ke berbagai tempat wisata memang menyenangkan. Apalagi kalau bisa sampai ke luar negeri. Tetapi ada penyakit yang harus diwaspadai oleh para traveller adalah tertular radang selaput otak, atau bahasa kedokterannya meningitis.

Memang penderita meningitis di Indonesia masih sedikit, karena Indonesia bukan negara endemik meningitis. Tetapi yang harus diwaspadai, penularan penyakit yang disebabkan oleh virus bakteri dan jamur ini, bisa datang dari pelancong baik pelancong yang datang ke Indonesia maupun pelancong Indonesia yang datang dari luar negeri. Dimana dalam hal interaksi dengan orang-orang yang berasal dari endemik meningitis rawan tertular meningitis. Pelancong luar negeri akan beresiko lebih besar tertular meningitis.

Selain mempersiapkan segala kebutuhan travelling, penting bagi traveller juga mempersiapkan diri secara khusus untuk pencegahan virus ini. Diantaranya hal-hal yang bisa dilakukan para traveller adalah:
  1. Mencari tahu segala hal tentang negara tujuan.
    Apakah termasuk dalam endemik meningitis atau tidak seperti Amerika, Arab, Afrika Selatan dan Australia. Bahkan jika negara tujuan bukan termasuk endemik meningitispun, traveler harus waspada. Karena memungkinkan tempat-tempat wisata tersebut merupakan tujuan wisata dari berbagai negara yang tidak bisa diprediksi pelancongnya dari mana saja.
  2. Selalu menjaga kebersihan, cuci tangan kunci utamanya.
  3. Yang sangat rawan adalah mereka yang menjalani kegiatan travelling dengan backpacker. Umumnya mereka kurang menjaga kebersihan karena terkait dengan budget travelling. Perhatikan kebersihan selama kegiatan travelling, baik diri, tempat maupun makanan. Carilah tempat makan yang steril, pastikan makanan yang dihidangkan fresh dan terhidang langsung. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan cuci tangan sebelum menyentuh makanan, karena umumnya kita tidak menyadari sudah melakukan kontak fisik dengan siapa saja selama kegiatan travelling.
  4. Sedia masker
  5. Gunakan masker apabila berada di tempat umum hal ini bisa menjadi tameng saat kita melakukan kotak atau berkomunikasi dengan orang asing.
  6. Jangan terlalu capek
  7. Terkadang jika sudah travelling ke luar negeri, selalu ada keinginan memuas-muaskan diri. Sehingga melupakan kekuatan fisik. Jangan terlalu dipaksakan jika tubuh sudah terlalu capek. Tubuh yang kecapekan mudah drop dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga sangat mudah tertular. 
  8. Jaga asupan tubuh
  9. Bukan hanya makan teratur, tetapi juga sediakan asupan khusus untuk menunjang kekebalan tubuh. Seperti mengkonsumsi vitamin C dari Gutacci atau melakukan treatment infus vitamin C sebelum melakuakn travelling. Sebab vitamin C bisa diandalkan untuk persiapan anti body yang kuat.
Intinya, kunci utama untuk mencegah meningitis adalah memiliki anti body yang kuat. Jika antibodi tubuh saja sudah lemah, maka ancaman virus apapun bisa masuk. Namun sebaliknya, anti bodi yang kuat bisa menangkal segala hal ancaman virus termasuk virus penyebab meningitis.




1 comment:

  1. Memang harus hati-hati terhadap penyakit yang satu ini. Penyakit ini bisa saja menular lewat bersin, jadi kalau bersih harus ditutup dan jika ada orang yang bersin sebaiknya menghindar, apalagi orang asing (bule).

    ReplyDelete