Friday, April 24, 2015

Ini 5 Faktor Resiko Penyakit Asam Urat


  1. Gaya Hidup dan Pola Makan
  2. Purin yang terkandung dalam bahan makanan bisa menjadi penyebab penyakit asam urat. Purin yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi asam urat. Beberapa makanan yang mengandung banyak purin diantaranya:
    - Daging-dagingan: mulai dari daging unggas, sapi, kambing termasuk bagian jerohannya
    - Makanan berlemak: mengandung santan, margarin, gajih dan lemak jahat.
    - Sayur: kangkung, bayam, jamur, daun singkong, daun pepaya, kol
    - Kacang; melinjo, kacang tanah, kedelai
    - Buah: durian, alpukat, dan nanas
    - Protein tinggi: susu, keju, telur, es krim
    - Makanan olahan: makanan kaleng, sarden, 

    Selain dari pola makan, gaya hidup seseorang juga menjadi faktor lainnya, seperti alkhohol dan rokok dan canduan obat-obat.

  3. Riwayat Penyakit
  4. Seseorang dengan riwayat penyakit tertentu beresiko lebih besar terkena asam urat. Diantaranya beberapa penyakit ini dapat menjadikan asam urat sebagai penyakit sekundernya; diabetes, gagal ginjal, darah tinggi, dan hiperkolesterolemia.

  5. Keturunan
  6. Genetik yang dibawa dari orang tua bisa menurun kepada anak. Oleh karenanya, pada orang yang memiliki gen atasnya memiliki riwayat asam urat hendaknya lebih menjaga kesehatan sebagai tindakan mencegah asam urat

  7. Jenis Kelamin
  8. Beberapa survey kesehatan menyebutkan bahwa pria akan beresiko lebih besar terkena asam urat daripada perempuan. Tetapi perempuan dalam usia lanjut dan masa menopouse memiliki resiko yang sama besar dengan pria.

  9. Obat-obat
  10. Konsumsi obat-obatan juga menjadi bagian faktor resiko. Karena beberapa obat bisa meningkatkan kadar purin dalam darah. Oleh karena itu apabila berobat ke dokter, dan memiliki gejala asam urat harus dikonsultasikan agar diberikan obat yang aman dari asam urat.

0 comments:

Post a Comment