Thursday, April 2, 2015

Tips Sehat Hadapi Musim Pancaroba

Iklim di negara kita sedang memasuki musim pancaroba, dimana pergantian musim ini seringkali disertai dengan mewabahnya beragam virus penyebab penyakit, diantaranya; influenza, diare, dan Ispa (Infeksi saluran pernapasan). Termasuk kondisi udara yang kerap berganti secara tiba-tiba juga bisa berpengaruh. Bila kondisi tubuh tidak bisa menyesuasikan dengan cepat, bisa timbul gejala-gejala demam seperti meriang. Tentu saja hal ini dapat mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari, tidak bisa fokus bekerja, lemes, bahkan cenderung malas melakukan apapun. Kita jadi tidak produktif lagi.
Flu dapat menyerang di musim pancaroba (dok. kompas)
Agar hal tersebut tidak kita alami saat musim pancaroba seperti ini, satu-satunya kunci utamanya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Stamina yang bagus disaat musim pancaroba bisa menjadi tameng tubuh melawan berbagai ancaman penyebab penyakit. Jangan menunggu tubuh tumbang baru melakukan pengobatan, ada baiknya kita melakukan pencegahan sebelum penyakit itu datang, dengan melakukan beberapa tips sehat mengahadapi musim pancaroba seperti berikut ini:
  1. Perbanyak minum air
  2. Pancaroba kali ini peralihan musim hujan ke musim panas. Biasanya bairpun saat mendung dan turun hujan, keringat justru mengucur deras. Kita bisa kehilangan banyak cairan. Imbangi cairan tubuh dengan mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya, minimal 8 gelas per hari
  3. Istirahat sesuai dengan porsinya
  4. Lelah bisa menjadi pemicu tubuh mudah tumbang. Jangan paksakan bekerja bila sudah waktunya bagi tubuh untuk beristirahat. Batasi waktu menonton TV pada malam hari dan konsumsi kafein berlebihan agar bisa cepat beristirahat. Pastikan jam tidur sesuai dengan porsinya, minimal 6 jam sehari.
  5. Olahraga cukup
  6. Yang paling susah mungkin meluangkan waktu untuk olahraga. Kita bisa melakukannya sembari beraktivitas. Misalnya dengan mengganti motor/mobil dengan sepeda kayuh atau berjalan kaki bila masih bisa dijangkau. Yang terpenting otot-otot tubuh kita bergerak seimbang dan tidak kaku.
  7. Makan teratur dengan gizi seimbang
  8. Jangan terlambat memberi hak untuk perut Anda. Bila tak sempat ke kantin untuk makan siang, ada baiknya membawa bekal dari rumah. Ganti makanan siap saji dengan buah-buahan dan makanan yang kaya sayur.
  9. Menjaga kebersihan lingkungan
  10. Meninggalkan musim hujan menuju musim kemarau biasanya meninggalkan genangan-genangan air yang tidak kita ketahui. Ada baiknya sempatkan waktu untuk mengecek sekeliling rumah barangkali ada barang atau kaleng-kaleng kosong tergenang air. Bisa menjadi pemicu nyamuk demam berdarah apabila dibiarkan.
  11. Kelola stress dengan baik
  12. Kesehatan juga butuh konsentrasi yang sehat, terlalu banyak pikiran bisa mengganggu konsentrasi tubuh. Luangkan waktu untuk sharing dengan keluarga dan membagi kegembiraan untuk mengurangi stress di kantor.
  13. Konsumsi suplemen tubuh
  14. Meskipun stamina sudah dijaga, sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi stamina perlu diperkuat. Perbanyak konsumsi vitamin C atau tambah dengan asupan dari luar, seperti minum Gutacci atau lakukan treatment infus vitamin C untuk daya tahan yang lebih kuat.

0 comments:

Post a Comment