Tuesday, May 26, 2015

10 Manfaat Serat Bagi Tubuh


Serat memiliki peran penting bagi kesehatan. Serat telah terbukti membantu melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai serangan penyakit. Makanan yang banyak mengandung serat berasal dari tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Serat makanan terdiri atas polisakarida (karbohidrat kompleks).

Di dalam saluran pencernaan, serat tidak mudah untuk dicerna. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia tidak dilengkapi enzim yang dapat mencerna serat. Sebenarnya, serat tidak banyak memberikan nilai gizi bagi tubuh. Namun serat berperan penting dalam proses pencernaan manusia. Fungsinya membantu penyerapan glukosa, sehingga gula yang masuk ke sel-sel darah akan melambat dan menjaga tingkat gula darah yang normal.

Selain yang telah diuraikan sebelumnya, masih banyak manfaat serat untuk kesehatan manusia yaitu :

1. Menjaga kesehatan usus

Karsinogen dalam usus akan diikat oleh serat, sehingga dapat lebih mudah bergerak dan dapat dikeluarkan lebih cepat melalui saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat setiap hari, dapat mencegah konstipasi dan wasir. Dalam pencernaan, serat akan membantu mengeluarkan limbah melalui usus tanpa meninggalkan residu. Hal ini membuktikan jika serat dapat membantu mengurangi resiko kanker usus besar dan mengatur gerakan usus.

2. Memperpanjang usia.

Dengan mengkonsumsi serat sesuai kebutuhan harian yaitu 14 gram dalam setiap 1000 kalori, dapat memberikan kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya.

3. Mencegah diabetes

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, bermanfaat juga dalam memperlambat penyerapan gula di dalam kadar darah. Untuk mencegah diabetes, mengkonsumsi buah dan sayuran dapat membantu mengatur gula darah.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat serat lainnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang biasa menjadi biang keladi terjadinya kardiovaskular. Serat mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan mencegahnya agar tidak terserap oleh usus, yang dapat menyumbat arteri. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

5. Mencegah Serangan Jantung

Penelitian telah membuktikan jika asupan serat tinggi, yaitu sekitar 5 porsi buah dan sayuran perhari, dapat mencegah penyakit jantung. Penelitian juga menyebutkan jika serat dapat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

6. Mencegah kanker

Beberapa kanker yang dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat yaitu kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium dan kanker rahim.

7. Mencegah Stroke

Menurut American Heart Assciation, sebanyak 25 gram serat harus dikonsumsi setiap hari. Meningkatkan asupan serat dalam program diet, menurunkan resiko stroke. Mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian merupakan cara termudah memperoleh banyak serat.

8. Efektif menurunkan berat badan

Serat mempunyai efek menimbulkan rasa kenyang pada waktu yang cukup lama. Dengan nutrisi yang tepat, maka rasa lapar bisa diatur dan diperlambat. Makan sayur-sayuran, buah dapat menyebabkan lebih terasa cepat kenyang. Maka obesitas pada akhirnya dapat dicegah. Perlu diingat, jika obesitas merupakan peluang besar menimbulkan penyakit berat seperti darah tinggi, diabetes, asam urat dan penyakit lainnya. Pemenuhan serat yang banyak sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

9. Mencegah batu ginjal dan empedu

Serat dapat mencegah sebagian besar insulin agar tidak memasuki aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini mencegah terbentuknya batu empedu dan batu ginjal.

10. Membuat kulit menjadi sehat

Karena fungsi serat membersihkan tubuh dari racun, secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan pada kulit. Mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau dan buah dapat mengikat kolesterol dan cepat mengeluarkan zat beracun dari sistem pencernaan. Keluarnya racun dari dalam tubuh berpengaruh pada kesehatan kulit. Karena aliran darah baik, tubuh dapat bersih dari racun sehingga kulit menjadi sehat.

Xio2 Fruit Jelly salah satu sumber makanan tinggi serat alami dari buah dan sayur

0 comments:

Post a Comment