Thursday, May 21, 2015

Fakta Seputar Vitamin C


Vitamin C saat ini banyak disebut orang sebagai rajanya vitamin. Dan merupakan vitamin yang banyak diminati untuk di konsumsi. Terutama bagi orang yang tinggal di kota-kota besar. Tingkat polusi yang tinggi, faktor cuaca, tingkat stress dan kelelahan merupakan faktor pemicu timbulnya berbagai macam penyakit. Dan vitamin C dipercaya dapat menangkal timbulnya penyakit

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam karbonat.

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut pada kulit, urat, tulang rawan dan jaringan lain di tubuh manusia.

Manfaat Vitamin C

Manfaat vitamin C yang dapat berguna untuk tubuh yaitu :
  1. Menurunkan resiko kanker . Vitamin C mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamine (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh beberapa mahasiswa berkurang sampai 81% ketika diberi vitamin C.
  2. Mencegah diabetes.
  3. Mencegah panas dalam.
  4. Meningkatkan stamina ( tidak mudah lelah).
  5. Mencegah dan menyembuhkan penyakit sariawan.
  6. Mencegah stroke dan jantung koroner.
  7. Mempercepat pemulihan setelah sakit, atau setelah operasi.
  8. Mengurangi racun di dalam liver.
  9. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  10. Merupakan anti aging dan anti oksidan. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh.
  11. Mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Ketika mengkonsumsi vitamin C, peredaran darah menjadi lancar, sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin C juga merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.
  12. Membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran


Sumber Vitamin C
Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi vitamin C, ada baiknya kita ketahui pula sumber vitamin C tersebut. Untuk memenuhi asupan vitamin C, kita dapat mengkonsumsi buah segar dan sayuran. Pendapat yang mengatakan jeruk sebagai sumber vitamin C terbesar, ternyata tidak sepenuhnya benar. Ternyata vitamin C pada lemon lebih banyak 47% daripada jeruk.

Kita juga dapat menemukan vitamin C pada kiwi, strawberry, paprika, jambu biji, papaya dan sayur-sayuran seperti brokoli, kecambah, kacang-kacangan, kubis dan lain sebagainya.

Konsumsi Vitamin C
Penetapan jumlah asupan Vitamin C oleh badan international tidak sama. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan konsumsi vitamin C hanya 45 mg sehari. Food Standars Agency di Inggris menetapkan sebesar 40 mg per hari. Sedangkan National Academy of Sciences di Amerika Serikat menetapkan antara 60-95 mg per hari.

Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang berlebihan sangatlah tidak bijak. Meskipun kita tahu, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari vitamin C. Dosis yang berlebihan justru beresiko untuk kesehatan. Karena bisa mengakibatkan iritasi pada dinding lambung dan menimbulkan batu pada ginjal. Oleh karena itu sangat dianjurkan konsumsi vitamin C melalui infus atau injeksi yang aman bagi lambung.

Namun, kekurangan asupan vitamin C juga tidak baik. Gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin C antara lain kehilangan gairah makan, kram otot, gusi berdarah, anemia, panas dalam, terjadinya infeksi, kulit kering, rambut bercabang, proses penyembuhan yang lambat serta wajah yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

0 comments:

Post a Comment