Friday, May 29, 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Penyakit Jantung


Penelitian menyebutkan, jika semakin hari jumlah penderita penyakit jantung semakin bertambah. Penyakit jantung bahkan disebut penyakit paling mematikan nomor tiga. Penderita penyakit ini tidak hanya di dominasi oleh orang - orang lanjut usia, kini orang dengan usia yang masih muda pun dapat terkena penyakit jantung. Jantung merupakan organ terpenting dari tubuh manusia. Fungsi jantung sebagai pemompa darah dan menyediakan nutrisi untuk tubuh. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung merupakan suatu kewajiban. Biasakan hidup sehat dan hindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung yaitu : 

1. Mengkonsumsi Minuman beralkohol 

Alkohol sering kali menjadi penyebab gangguan kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan naiknya lemak di dalam darah. Tekanan darah yang tinggi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, juga bisa menyebabkan pembesaran jantung dan membuat otot jantung lemah. Keadaan ini membuat jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif.

2. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan buruk merokok juga disinyalir sebagai salah satu penyebab penyakit jantung. Rokok mengandung racun yang dapat menyebabkan pembekuan darah, menghambat aliran darah ke jantung dan menyebabkan timbunan plak di arteri. Menurut WebMD.com, hampir 20 persen dari semua kematian akibat penyakit jantung di Amerika Serikat secara langsung berhubungan dengan kebiasaan merokok.

3. Banyak Mengkonsumsi Garam

Makanan apapun akan terasa hambar jika tidak menggunakan garam. Namun bila mengkonsumsi garam terlalu banyak dapat menimbulkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Sedangkan darah tinggi merupakan pemicu serangan jantung dan juga stroke.

4. Kebiasaan Makan Berlebihan 

Menurut Yayasan Jantung dan Stroke di Ontario-Kanada, makan secara berlebihan memiliki banyak konsekuensi yang serius terhadap kesehatan jantung. Dampak negatif dari makan berlebihan adalah refluks asam, kolesterol tinggi, hipertensi dan asma. Dampak ini merupakan pemicu terganggunya kesehatan jantung.

5. Depresi

Depresi dan stress terkadang dapat memicu emosi yang tidak terkendali. Keadaan ini kerap membuat jantung bekerja lebih keras sehingga rentan terhadap kesehatan jantung.

6. Kurang Olahraga

Jarang berolahraga, dapat meningkatkan potensi naiknya berat badan. Kondisi berat badan berlebih inilah yang membahayakan bagi jantung. Dengan melakukan olahraga, fungsi otak dan jantung akan berjalan normal. Aliran darah dan oksigen pun semakin lancar.

7. Jarang mengkonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah kaya akan vitamin penting untuk menjaga kesehatan jantung. Orang yang rajin mengkonsumsi buah dan sayur, memilki resiko kecil terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi buah dan sayur.

8. Kurang Tidur

Orang yang tidak cukup tidur akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa menggangu fungsi jantung. Gangguan tidur dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes.

9. Terlalu lama menonton TV

Penelittian yang dilakukan di India menyebutkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam sehari di depan televisi akan beresiko terkena serangan jantung sebesar 80%. Hal ini disebabkan karena duduk terlalu lama akan memberikan pengaruh yang tidak sehat terhadap gula darah dan lemak. Sehingga meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Menjaga kesehatan jantung wajib dilakukan. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan jantung dan lakukan tindakan preventif dalam pencegahan penyakit jantung dengan terapi ozon di Stanmed Center.

0 comments:

Post a Comment