Friday, May 15, 2015

Penyebab Penuaan Dini


Pernah kan melihat kerutan di sudut mata? Flek hitam? Kantung mata berwarna gelap? Itu adalah beberapa gejala atau tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Penuaan dini tidak hanya terjadi pada wanita. Laki-laki pun bisa mengalami penuaan dini. Memang tidak berbahaya, tapi tentu sangat mengganggu. Karena seseorang akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini terutama pada kulit wajah. Berikut ini faktor-faktor tersebut :

- Lingkungan.

Lingkungan yang dimaksud adalah suhu, kelembaban, dan kualitas udara. Suhu yang terlalu kering dan dingin (atau terlalu panas) dapat menyebabkan penuaan dini. Kualitas udara yang kotor penuh polusi juga sangat mudah menimbulkan gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini. Selain itu paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat meningkatkan resiko penuaan dini.

- Makanan dan minuman

Memilih makanan dan minuman sangat penting. Karena beberapa jenis makanan dan minuman dapat menjadi penyebab penuaan dini. Makanan yang menyebabkan penuaan dini antara lain makanan daging olahan yang mengandung bahan pengawet, makanan bakar yang terpapar arang atau dibakar sampai gosong (karena adanya kandungan hidrokarbon pro inflamasi penyebab kerusakan kolagen), dan makanan yang mengandung lemak trans. Sementara jenis minuman yang dapat menyebabkan penuaan dini diantaranya minuman beralkohol.

Selain itu bila Anda kurang minum air putih dan kurang makanan segar (buah dan sayur), maka penuaan dini tak segan untuk menghampiri.

- Diet

Diet juga dapat menyebabkan penuaan dini bila tidak dilakukan dengan seimbang. Karena pada saat diet tidak sehat dijalankan, tubuh akan kekurangan asupan berbagai vitamin yang penting bagi proses regenerasi kulit. Sama halnya dengan diet gula yang dilakukan tanpa pengawasan ahli gizi. 

- Gaya Hidup

Hal yang terkait dengan gaya hidup yang dapat menyebabkan penuaan dini adalah kebiasaan berolahraga dan pola tidur. Kurang olah raga membuat berkurangnya asupan oksigen di kulit dan bila berlangsung lama terjadilah penuaan dini. Sementara kurang tidur bisa menyebabkan penuaan dini salah satunya karena saat tidur seluruh sel-sel di tubuh melakukan regenerasi, termasuk sel-sel di kulit. Jadi kalau kurang tidur otomatis akan mengurangi atau menghambat proses regenarasi sel-sel kulit.

- Perawatan kulit

Kulit membutuhkan perawatan yang rutin, terutama untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Bila dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu lama tentu yang akan terjadi adalah berbagai masalah kulit termasuk penuaan dini. Tetapi perlu diperhatikan juga, produk-produk perawatan yang dipakai harus tepat. Salah memilih produk bisa membuyarkan harapan Anda untuk mempunyai kulit yang tampak lebih muda. Anda bisa mencoba terapi glutathione atau Infus Vitamin C sebagai pilihan perawatan Anti Penuaan Dini.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada kulit wajah. Dengan mengenali penyebabnya, maka Anda bisa menentukan cara pencegahan dan mengatasinya.

0 comments:

Post a Comment