Saturday, May 30, 2015

Sumber Makanan Mengandung Serat


Kita memerlukan makanan sebagai sumber zat-zat yang diperlukan bagi pemeliharaan tubuh. Gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan haruslah kita perhatikan. Tidak terkecuali kandungan seratnya.

Serat yang terkandung dalam makanan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena serat berperan penting dalam proses pencernaan manusia. Fungsi serat membersihkan tubuh dari racun. Serat juga berfungsi membantu penyerapan glukosa, sehingga gula yang masuk ke sel-sel darah akan melambat dan menjaga tingkat gula darah yang normal. Selain itu, serat juga dapat mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan mencegahnya agar tidak terserap oleh usus, yang dapat menyumbat arteri.

Mengingat begitu pentingnya fungsi serat bagi tubuh, sudah selayaknya kita memperhatikan asupan serat yang harus dikonsumsi. Lalu, makanan apa saja yang banyak mengandung serat? Berikut ini sumber makanan yang mengandung serat, yaitu :

1. Alpukat

Selain mengandung vitamin dan asam lemak, alpukat juga merupakan sumber serat terbaik. Alpukat pun mengandung protein, vitamin A, kalium, kalsium dan magnesium. Dua sendok makan per porsi alpukat terdapat sekitar 2 gram serat dan daging buah alpukat terdapat sekitar 10 gram serat.

2. Apel

Apel mengandung serat yang larut dalam air, asam organik dan kalium. Sumber serat dalam apel tidak hanya pada dagingnya saja, kulit apel pun banyak mengandung serat. Sebuah apel dengan ukuran normal, mengandung sekitar 4.4 gram serat.

3. Jambu Biji Merah

Selain baik untuk terapi penyembuhan diabetes mellitus karena kandungannya yang rendah kalori dan glukosa, jambu biji merah juga banyak mengandung serat. Serat yang ada pada jambu biji merah memilki kadar 7.3 gram per 100 gram bahan.

4. Pisang

Buah pisang mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan. Pisang juga memiliki vitamin A, vitamin C, fosfor dan zat besi. Mengkonsumsi pisang dapat menambah energi dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung serat dengan kadar 1.3 gram per 100 gram bahan. Mengkonsumsi pepaya dapat memperlancar proses pembuangan sisa metabolisme dan menghindari sembelit.

6. Pir

Kandungan serta dalam buah pir selain menyehatkan pencernaan juga mampu membuat perasaan cepat kenyang. Pir baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pir yang berwarna hijau termasuk jenis buah yang mengandung serat dengan kadar 2,3 gram per 100 gram bahan. Pir hijau sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, karena kandungan seratnya yang tinggi.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan badan. Selain sebagai pencegah kanker, brokoli juga banyak mengandung serat. Kita bisa mendapatkan 5,1 gram serat dalam secangkir brokoli rebus.

8. Kentang

Kentang merupakan makanan yang mengadung serat cukup tinggi. Serat yang ada dalam kentang dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Dalam 100 gram kentang terkandung 3 gram serat.

9. Jagung

Berbagai jenis olahan jagung mengandung nutrisi antioksidan. Pada sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Termasuk popcorn, juga merupakan sumber makanan kaya serat per tiga cangkir penyajian.

10. Kacang-kacangan

Menurut para ahli, kacang hitam dan kacang merah merupakan jenis kacang yang merupakan sumber serat terbaik. Serat yang terdapat pada kacang termasuk jenis serat larut air. Dalam setiap porsi 1 cangkir, terdapat sekitar 15 gram serat. Kacang-kacangan lain yang memiliki serat tinggi yaitu kacang mete, kacang almond dan kacang hijau.

11. Biji-bijian

Yang termasuk biji-bijian sebagai sumber serat adalah biji bunga matahari, beras merah, gandum dan lain sebagainya. Biji bunga matahari dalam per porsi ¼ cangkir mengandung 3,9 serat.

Begitu banyak jenis makanan sehari-hari yang mengandung serat tinggi. Serat dapat membantu tubuh terhindar dari masalah pencernaan. Seperti kita ketahui, pencernaan merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, mari penuhi asupan serat untuk kesehatan tubuh kita.

salah satu sumber makanan kaya serat: Xio2

0 comments:

Post a Comment