Friday, May 22, 2015

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C


Seperti diketahui, vitamin C sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Sumber vitamin C dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Buah-buahan segar dan sayuran berwarna terang banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi vitamin C haruslah dilakukan dengan hati-hati. Mengkonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dapat mengakibatkan iritasi pada dinding lambung. Selain itu juga dapat menimbulkan batu pada ginjal dan rasa nyeri ketika buang air kecil.

Begitu pula bila vitamin C yang kita konsumsi kurang dari dosis yang dianjurkan, akan berakibat buruk bagi kesehatan. Tanda-tanda kekurangan vitamin C yang dapat terlihat adalah :

  1. Mudah lelah
  2. Gejala yang paling mudah diketahui dan dikatakan sebagai gejala awal kekurangan vitamin C terlihat dari keadaan tubuh yang merasa mudah lelah. Namun hal ini tidak menjadi patokan yang pasti. Karena mudah lelah juga bisa ditimbulkan dari penyakit lain.

  3. Anemia atau kurang darah
  4. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk mengatasi masalah kekurangan sel darah merah, dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi zat besi. Salah satu manfaat vitamin C yaitu membantu dalam proses penyerapan zat besi. Umumnya wanita yang sedang menstruasi atau hamil lebih beresiko terkena anemia. Sedangkan sumber zat besi sendiri dapat diperoleh dari ikan, sayuran dan daging. Anemia memiliki gejala seperti lesu, lemas, kurang energi dan mudah mengantuk. Dalam kondisi yang parah, dapat menyebabkan napas tersengal-sengal dan bisa mengakibatkan tidak sadarkan diri.

  5. Kulit kasar dan kering
  6. Manfaat vitamin C salah satunya sebagai anti oksidan bagi tubuh. Bila tubuh kekurangan vitamin C maka kulit akan terlihat kering dan kasar. Termasuk kulit yang berada di sela-sela jari pun akan terlihat keriput. Perlu diketahui, jika vitamin C penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen dapat memperkuat seluruh struktur dalam tubuh dan melindungi struktur kulit dengan cara menghindari penyerapan dan penyebaran pathogen, racun-racun, dan sel kanker.

  7. Mudah terkena infeksi
  8. Pada umumnya, kekurangan vitamin C akan terlihat dari gangguan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan melawan penyebab infeksi akan menurun. Akibatnya bila tubuh terluka, maka akan sulit untuk disembuhkan. Selain itu tubuh akan mudah memar. Memar berlebihan merupakan tanda kimia dalam tubuh, akan perlunya peningkatan pasokan vitamin C.

  9. Masalah pada gigi dan gusi
  10. Dosis harian vitamin C yang cukup akan berkontribusi pada kesehatan gigi dan gusi. Jika asupan vitamin C kurang, maka akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Ditandai dengan timbulnya pendarahan pada gusi dan gigi yang mudah tanggal. Peran vitamin C pada kesehatan gigi dan gusi adalah membantu mensintesis kolagen yang dibutuhkan oleh jaringan gusi dan gigi.

  11. Kerusakan pada jaringan jantung
  12. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, akan memperkuat jantung. Kekurangan vitamin C dapat membuat kerusakan pada sel-sel pembuluh darah. Kerusakan tersebut biasanya akan terisi oleh kolesterol dan menyebabkan gangguan pada jantung. Oleh karena itu, vitamin C membantu menjaga kesehatan jantung.

  13. Nyeri pada otot dan sendi
  14. Nyeri pada sendi dan otot juga merupakan salah satu dampak dari kekurangan vitamin C. Saat tubuh kekurangan vitamin C, maka kekuatan tulang dan sendi menjadi kurang stabil.

  15. Wajah terlihat lebih tua dibandingkan usia sebenarnya.
  16. Vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang memperkuat struktur dalam tubuh dan melindungi struktur kulit dengan cara menghindari penyerapan dan penyebaran pantogen, racun dan sel kanker. Bila produksi kolagen menurun, maka struktur sel akan melemah, kulit menipis, berkerut dan kendur.

Jika memiliki tanda-tanda kekurangan vitamin C, segeralah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Atau dengan cara menambah asupan menggunakan suplemen vitamin C.

0 comments:

Post a Comment