Saturday, May 2, 2015

Terapi Sirkulasi Darah Lancar


Sirkulasi atau peredaran darah memberikan pengaruh besar kepada setiap organ, sel, dan jaringan tubuh kita. Darah inilah yang menyuplai bahan makanan untuk kelangsungan hidup dan kinerja tubuh kita tetap baik. Bisa dikatakan bila sirkulasi darah dalam tubuh lancar maka semua akan berjalan normal dan tubuh dalam keadaan sehat.

Termasuk beberapa penyakit juga disebabkan karena terhambatnya sirkulasi darah. Apabila terjadi di otak, bisa mengakibatkan penyakit stroke karena suplemen makanan yang dibawa darah tidak sampai ke otak dan bisa berakibat fatal, kematian otak bahkan disfungsi organ lainnya. Apabila terjadi di Jantung, bisa mengakibatkan serangan jantung yang tiba-tiba berhenti bekerja. Bahkan gangguan sirkulasi darah juga kerap dialami oleh ibu hamil, sehingga asupan gizi dan kebutuhan makanan janin dari ibu tidak terdistribusikan dengan sempurna. Bisa menyebabkan janin kekurangan gizi, berat badan janin kecil dan berakibat keguguran.

Mewaspadai akibat dari sirkulasi darah yang tidak lancar tersebut, harus senantiasa penjagaanam dan kontrol dari diri sendiri. Minimal dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan beberapa terapi sirkulasi aliran darah berikut ini:

1. Terapi jalan kaki
Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan jalan kaki. Bukan hanya sirkulasi darah yang lancar, juga memperkuat otot jantung, mencegah stroke karena terjaganya aliran darah, serta mencegah osteoporosis
2. Terapi jalan di atas kerikil
Bejalan tanpa alas kaki di atas kerikil akan memberikan tekanan pada titik-titik akupuntur pada kaki yang langsung berhubungan pada sistem syaraf tubuh. Sehingga memberikan dorongan pada aliran darah ke seluruh tubuh agar tetap lancar.
3. Terapi minum air
Komposisi tubuh yang sebagian besar terdiri dari cairan ini, termasuk didalamnya adalah aliran darah. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka bagian cairan darah inilah yang akan diambil. Agar hal tersebut tak terjadi maka asupan cairan pada tubuh harus dipenuhi setiap hari minimal 2 liter atau 8 gelas setiap hari.
4. Terapi relaksasi
Merelaksasikan tubuh juga bagian dari terapi memperlancar aliran darah. Memberikan ketenangan bagi tubuh tanpa beban salah satunya bisa dilakulan dengan yoga.
Ozon sebagai sumber oksigen bisa menjadi anti oksidan yang baik dalam membunuh kuman, bakteri dan jamur serta membersihkan dari plak-plak darah untuk membiarkannya tetap mengalir lancar.

2 comments:

  1. apa bisa juga dengan berendam dengan air hangat, untuk melancarkan peredaran darah.? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa.. Hal tersebut termasuk dalam terapi relaksasi

      Delete