Saturday, June 13, 2015

Cara Menurunkan Kolesterol Darah


Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik dan berdampak negative, salah satunya kadar kolesterol yang tinggi mengakibatkan resiko penyakit stroke dan jantung yang tidak sedikit berujung kematian. Padahal perlu diketahui bahwa kolesterol sebenarnya bermanfaat bagi tubuh, yaitu membangung dinding sel dan berperan dalam pembentukan hormone, vitamin D, empedu, dan zat-zat yang berguna untuk mencerna makanan. Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh hati sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

Tubuh manusia memiliki kadar kolesterol yang berbeda-beda dari 3,6 mmol/liter menjadi 7,8 mmol/liter, dan jika mengandung lebih dari 6 mmol/liter sudah beresiko. Namun ada beberapa kategori ambang batas kolesterol menurut para dokter, diantaranya: normal (kurang dari 200 mg/dl), batas tinggi (200-239 mg/dl), kolesterol tinggi (240 mg/dl ke atas). 

Tubuh kita membutuhkan sedikit kolesterol tapi mungkin kita juga mendapatkan terlalu banyak lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan kita  yang mana bisa meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL/Low Density Lipoprotein). Kolesterol LDL bisa menimbulkan tumpukan plak pada arteri yeng berakibat jantung koroner. Sedangkan kolesterol baik (HDL/High Density Lipoprotein) membantu membersihkan kolesterol buruk dalam darah.

Sumber makanan yang dapat memicu kolesterol tentunya makanan berlemak dan banyak mengandung minyak-minyak jelantah atau sisa penggorengan berulang. Daging merah, makanan fast food , sosis, keju, gorengan, kue-kue kering, dan lain-lain. Kurangnya olahraga dan berat badan berlebih (obesitas) juga menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol.

Jika kita menderita kolesterol darah berlebih dan sebelum menimbulkan komplikasi, maka kolesterol dapat diturunkan dengan cara merubah pola hidup dan pola makan menjadi pola yang sehat. Cara alami tersebut yaitu:

1. Menyajikan makanan sehat. 
Makanan sehat tentunya mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) yang seimbang guna membantu menjaga kesehatan tubuh. 5- 9 porsi buah dan sayur tentunya mengandung banyak antioksidan dan serat mengenyangkan yang pada akhirnya kita bisa mengindari konsumsi lemak. Antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya dalam tubuh.

2. Mengganti Nasi dengan Gandum. 
Semangkuk sereal gandum memiliki banyak manfaat meskipun rasanya tawar, berbeda dengan nasi yang cenderung manis. Serat dan karbohindrat kompleks dalam gandum sangat mengenyangkan, sehingga kurang tergoda makan berlebih di siang hari dan cocok untuk diet. Gandum juga membantu menurunkan jumlah LDL. Selain gandum, bisa juga mengganti dengan beras liar, popcorn, beras merah, dan barley.

3. Mengkonsumsi yang berasal dari laut.
Maksudnya adalah banyak makan ikan laut dan rumput laut. Ikan memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunnkan trigliserida dalam darah, menurunkan kolesterol, memperlambat pertumbuhan plak di arteri, dan lain-lain. Misalnya ikan salmon, tuna, trout, dan sarden namun jangan membuang fillet ketika menggoreng, karena dapat mengurangi manfaatnya.

4. Olahraga teratur.
Untuk menurunkan kolesterol, maka harus menurunkan berat badan terlebih dahulu dengan cara membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Cara yang mudah dan murah adalah olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu dan minimal jogging. Olahraga berat dengan rutin bisa menurunkan LDL dan membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi penyumbatan arteri.

5. Hindari Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi.
Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, sebaiknya kita meminimalisir makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, dan lain sebagainya. disarankan untuk menghindari mengkonsumsi fast food atau junk food.

6. Jangan Stress.
Stress dapat meningkatkan tekanan dara, menambah resiko arterosklerosis yang terjadi ketika plak menumpuk di arteri. Berdasarkan penelitian, stres juga bisa meningkatkan kadar kolesterol. Menghilangkan stress dapat dilakukan dengan cara relaksasi, meditasi, dan mengatur pernafasan, serta melakukan aktivitas yang disenangi.

Anda bisa mencoba terapi ozon apheresis untuk menurunkan kolesterol dalam darah, mengencerkan darah, menetralisisr darah, serta melancarkan sirkulasi darah.

Nah, itulah cara-cara untuk menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif dan mudah. Mulai dari sekarang, sayangi tubuh Anda dengan menjalankan pola hidup sehat, karena sehat itu pilihan.

0 comments:

Post a Comment