Friday, June 26, 2015

Dibalik Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan


Madu merupakan cairan yang menyerupai sirup, namun teksturnya lebij kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah atau tawon dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis pada madu disebabkan oleh beberapa unsure, yaitu: monosakarida fruktosa, dan glukosa serta memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu telah dikenal sejak zaman dahulu dan menjadi campuran makanan untuk pemanis dan perasa, campuran di atas roti dan berbagai minuman. Khasiat madu sangat banyak, baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun merawat kecantikan wajah. Saat ini berkembang pola makan dengan cara Food Combining dimana salah satunya menyebutkan minum air dingin yang ditambah dengan madu di pagi hari bisa menambah stamina sehingga lebih fresh, dan kebiasaan tersebut telah diterapkan sejak Zaman Nabi Muuhammad.

Menurut Wikipedia.com, nutrisi pada madu didominasi oleh gula fruktosa (38%), glukosa (31%), karbohidrat, beberapa jenis vitamin dan mineral (Vitamin B, zat besi, kalsium, vitamin C, folat, magnesium, kalium, fosfor, dan natrium) walaupun dalam jumlah yang sedikit. Madu juga mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Sedangkan pada umumnya spesifikasi jumlah senyawa pada madu tergantung dari bunga yang tersedia untuk lebah madu.

Madu dapat digunakan sebagai obat, karena selain sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas tumbuh, saat ini madu juga bisa berfungsi sebagai antiseptik (pencegah infeksi) dan antibakteri (penghambat bakteri), serta dapat dijelaskan secara kimiawi. Beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan Energi.
  2. Mengganti kebiasaan minum kopi atau teh di pagi hari sebelum aktivitas dengan segelas air putih ditambah madu dapat menambah energi karena mengandung gula dan karbohidrat. Kandungan glukosa juga bermanfaat sebagai anti lelah saat beraktivitas.

  3. Antioksidan.
  4. Kandungan vitamin C sebagai pencegah pertumbuhan sel radikal bebas penyebab penyakit.

  5. Mengobati Radang dan Batuk.
  6. Menurut berbagai penelitian klinis, madu terbukti dapat mengobati radang dan batuk jika dikonsumsi secara langsung ataupun dicampur dengan air lemon dan diikuti air putih hangat untuk hasil maksimal. 

  7. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma.
  8. Madu sebagai agen anti-inflamasi alami untuk mengurangi gejala alergi dan asma dengan cara menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

  9. Melancarkan Pencernaan dan untuk Diet.
  10. Minum madu secara rutin sebeum tidur di malam hari dapat melindungi fungsi saluran cerna. Di dalam madu juga mengandung vitamin, mineral, dan asam aminu yang dibutuhkan tubuh bertugas mengontrol berat badan sehingga terbebas dari obesitas.

  11. Mencegah Bakteri dan Parasit.
  12. Madu bisa digunakan sebagai obat luka luar akibat terbakar, teriris belati, atau bekas gigitan serangga karena mampu melindungi dari serangan bakteri. Campuran madu, cuka, dan air adalah ampuh melawan parasit dalam tubuh.

  13. Melawan Insomnia.
  14. Permasalahan sulit tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan, madu memiliki sifat menurunkan stres dan membuat tubuh rileks. Caranya dengan membuat campuran the herbal dari kayu manis, jahe, dan madu, bisa juga ditambah serai.

  15. Menjaga Kesehatan Rambut.
  16. Campuran madu dan minyak zaitun digunakan setelah keramas mengakibatkan rambut lebih berkilau dan lembut. Bisa juga teh madu dicampur air hangat, kemudian disiramkan pada rambut setelah dicuci dengan shampoo, maka rambut akan terlihat lebih cerah dan tidak rontok.

  17. Sebagai Masker.
  18. Masker dengan bahan madu mengakibatkan wajah tampak bersih karena mengangkat kotoran dan debu yang menempel di wajah.

  19. Menghilangkan Jerawat.
  20. Jerawat pada wajah tentunya mengganggu dan tak nyaman. mengoleskan madu pada jerawat kemudian dibilas dengan air hangat, dilakukan secara rutin. Madu membantu pembentukan kolagen agar kulit tampak lebih muda dan menghilangkan bekas jerawat.

  21. Mengatasi Bibir Kering.
  22. Campuran madu, minyak zaitun, dan cocoa butter dapat membentuk lip balm untuk melembabkan bibir yang kering.

  23. Menyehatkan Kulit.
  24. Manfaat madu bagi kulit adalah untuk mencerahkan kulit, memperlambat penuaan dini, mengenyalkan kulit, melembabkan kulit, mengobati bekas luka pada kulit wajah, mencegah keriput pada kulit. Asam amino pada madu bisa mengobati kulit yang rusak dan regenerasi sel-sel baru, antioksidan pada madu juga membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
Kelebihan lain dari madu adalah tidak menimbulkan iritasi, sehingga aman bagi kulit sensitif atau kulit bayi. Industri kecantikan terus membuat penelitian mengenai madu untuk menghasilkan AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang bermanfaat untuk pengelupasan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, agar kulit  terus terlihat muda.
Berbagai khasiat dan manfaat dari madu sudah begitu jelas terlihat dalam uriaan di atas, begitu banyak dampak kesehatan pada tubuh dan kulit jika mengkonsumsi madu secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.






0 comments:

Post a Comment