Tuesday, June 23, 2015

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Siapa yang kenal buah pisang? Buah berwarna kuning dan hijau, dengan daging buah yang lembut, dan manfaat yang luar biasa. Karena dagingnya yang lembut pisang bukan hanya bisa dikonsumsi orang dewasa tapi juga bisa menjadi pilihan utama untuk mengenalkan makanan padat pada bayi. Pisang memberikan banyak manfaat karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, seperti vitamin C, vitamin B1, B2, B3, zat besi, asam folat, beta karoten, fosfor, kalium, kalsium, lemak, serat, protein, dan kalori.

Kandungan nutrisi tersebut memberikan banyak manfaat bagi siapa saja mengkonsumsinya baik untuk kesehatan maupun kecantikan berikut ini :
  • Buah Pisang untuk Stamina 
kandungan gula yang tinggi pada pisang dapat mensuplai kalori yang cukup tinggi dalam waktu singkat. Ini sangat baik bagi atlet atau orang yang beraktifitas tinggi dan orang sakit. Bagi orang dengan diabetes harus lebih berhati-hati memilih jenis pisang atau waktu yang tepat untuk menyantap pisang untuk menghindari naiknya kadar gula darah melebihi kebutuhan tubuh.
  • Buah Pisang untuk mengatasi depresi
senyawa norepinefrin, triptofan, dan serotonin yang terkandung dalam buah pisang sangat membantu dalam menciptakan suasana rileks pada tubuh. Kondisi rileks dan mood yang baik akan menghindarkan dari depresi. Selain itu makan pisang juga bisa untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia.

  • Buah Pisang untuk menyerap kalsium

karena pisang sangat kaya dengan frukto oligo sakarida yang sangat berperan dalam meningkatkan kinerja probiotik penyerap kalsium.

  • Buah Pisang untuk pencernaan

kandungan serat pada pisang sangat bermanfaat dalam memperbaiki fungsi cerna, melancarkan BAB, dan menjadi pengganti nasi. Serat pada pisang yang lembut juga baik untuk makanan pendamping ASI, termasuk saat pertama mengenalkan makanan padat pada bayi (6 bulan). 

  • Buah Pisang untuk diet

kandungan serat dan karbohidrat yang dilengkapi vitamin membuat pisang bisa menjadi pilihan untuk yang sedang berdiet. Dengan memakan pisang, orang mudah kenyang dan rasa kenyang bertahan lama. Dampaknya tentu hasrat ngemil pada orang yang sedang berdiet akan berkurang.
Pisang juga cocok menjadi menu utama makan pagi. Dengan sarapan 1-2 buah pisang saja, kebutuhan gizi dan kalori terpenuhi tanpa harus membuat pencernaan bekerja keras.

  • Untuk kecantikan

pisang bisa dipakai untuk masker wajah. Cukup dengan melumatkan daging buah pisang lalu pakai di seluruh wajah dan leher (kecuali bagian mata dan bibir ya..). Bila digunakan secara rutin, masker pisang dapat melembabkan kulit dan mencegah jerawat.

  • Buah Pisang untuk kesehatan jantung

mengkonsumsi pisang dapat menjaga kesehatan jantung karena buah ini kandungan lemaknya sangat rendah. Jantung yang sehat akan berdampak pada kesehatan bagian tubuh lainnya. Misalnya tekanan darah normal dan stabil, terhindar dari stroke, bahkan meningkatkan kecerdasan. 

Itulah ragam manfaat pisang yang bisa Anda peroleh hanya dengan menyantap pisang. Jangan lupa…santap pisang yang segar atau tidak terlalu banyak diolah ya… 

0 comments:

Post a Comment