Friday, June 12, 2015

Manfaat Vitamin C Bagi Ibu Hamil


Hamil adalah peristiwa penting yang paling ditunggu oleh wanita di seluruh Dunia, karena banyak anggapan kurang sempurna menjadi wanita sebelum merasakan hamil dan mempunyai anak. Sehingga ketika seorang wanita sedang hamil apalagi anak pertama pasti akan menjaga dan memperhatikan setiap tahap perkembangannya, khawatir tingkat maksimal.

Salah satu cara menjaga kondisi tubuh saat hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayuran. Karena mengandung mikronutrien lengkap untuk bunda dan perkembangan janin yang dikandung.

Pada usia trimester pertama kehamilan biasanya ditandai dengan rasa mual atau bawaannya ingin makan yang asam-asam entah rujak atau buah-buahan (jeruk, mangga, stroberi, jambu biji, dan lain-lain) dan buah tersebut diketahuhi banyak mengandung Vitamin C. Kebiasaan ini memberikan dampak positif  mengingat pentingnya peranan Vitamin C bagi kesehatan tubuh apalagi bagi ibu hamil. 

Berikut ini beberapa manfaat Vitamin C bagi kehamilan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Meningkatkan fungsi paru-paru pada janin (terutama bagi ibu hamil yang merupakan perokok). Bagi ibu hamil yang merokok, dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup maka dapat membantu dalam menjaga kesehatan paru-paru sang janin.
  2. Membantu dalam proses penyerapan zat besi. Dengan begitu kebutuhan zat besi yang cukup penting bagi ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik.
  3. Sebagai sumber nutrisi mikro bagi janin dan sang ibu. Saat hamil, ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.
  4. Menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh. Jika kekurangan vitamin C maka sang ibu akan merasa lemas. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan sang janin. Jika ibu sehat, maka janin juga akan sehat
  5. Melawan infeksi, membuang racun yang berbahaya untuk ibu dan juga bayi serta membantu menjaga kekuatan plasenta.

Pada dasarnya vitamin C sangat baik bagi tubuh sehingga jika terjadi kekurangan akan berdampak pada lemahnya daya imun, sariawan, lemah, letih dan lesu, serta mudah terserang penyakit. Mengkonsumsinya juga harus sesuai panduan dimana untuk pria dewasa sekitar 95 mg/hari dan wanita dewasa 75mg/hari, berarti untuk anak-anak dan ibu hamil tidak melebihi batas dosis tersebut.

Apabila terjadi kelebihan jumlah vitamin C dalam tubuh dapat diatasi dengan banyak minum air putih secara rutin, karena vitamin C larut dalam air dan akan keluar berupa urine. Mengkonsumsi air putih membantu penyerapan urine pada ginjal agar lebih encer, karena jika terlalu kental berakibat batu ginjal. Selain air putih, menghilangkan vitamin C bisa dengan cara mengkonsumsi semangka, mentimun, melon, dan buah-buahan yang banyak mengandung air.

Konsumsi harian vitamin C bisa Anda dapatkan dalam satu paket Gutacci Vit a Pack



0 comments:

Post a Comment