Wednesday, June 24, 2015

Mengapa Vitamin C Penting Saat Puasa?


Ramadhan kali ini bertepatan dengan musim kemarau. Cuaca panas dengan hawa dingin membuat tubuh mudah drop apalagi dalam kondisi puasa. Bagi sebagian orang yang bekerja dalam lingkup pendidikan mungkin lebih ringan karena bertepatan dengan libur sekolah. Akan tetapi bagi sebagian lainnya, meski puasa ditengah cuaca terik harus berjibaku dengan pekerjaan. Ditambah menjelang lebaran begini banyak pekerjaan menunggu untuk diselesaikan. Untuk menyeimbangkan itu semua perlu asupan yang mampu menopang daya tahan tubuh, yaitu vitamin C yang memiliki beberapa peranaan saat kita puasa antara lain:

Vitamin C adalah antioksidan terbaik yang mampu menangkal radikal bebas

Saat siang hari, di lapangan banyak terjadi oksidasi, debu-debu berterbangan dan bertebarannya radikal bebas di udara yang bisa menumbangkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi tubuh yang dalam keadaan kurang energi akibat kekurangan asupan makanan karena puasa, mudah tumbang. Peranan vitamin C sebagai anti oksidan memiliki peranan penting saat kita beraktivitas siang hari.

Nutrisi penting agar tubuh tetap fit

Dalam kondisi normal tubuh memerlukan nutrisi 3-5 kali yang didapat dari asupan makanan. Saat puasa asupan energi yang masuk dalam tubuh sangat berkurang sehingga tubuh perlu nutrisi penting agar tetap fit melakukan aktivitas sepanjang hari. Vitamin C sebagai rajanya vitamin menjadi nutrisi penting yang akan membuat tubuh lebih fit

Mencegah kulit kering dan keriput

Selain kekurangan energi, saat puasa tubuh kita juga kekurangan cairan. Akibatnya, kulit menjadi kering. Kulit yang kering sangat rentan menimbulkan tanda penuaan dini, yaitu munculnya keriput. Vitamin C yang kaya akan kolagen, mampu menutrisi kulit untuk menjaga keelastisan sekalipun sedang berpuasa.






0 comments:

Post a Comment