Tuesday, June 16, 2015

Sumber Makanan Kaya Glutathione

Sayur Asparagus kaya akan glutathione
Secara alami tubuh memproduksi antioksidan penting yang berfungsi untuk pertahanan kesehatan tubuh, salah satunya adalah Glutathione atau Gluutamin. Jenis super antioksidan ini mudah ditemukan dari asupan makanan sehari-hari. Glutathione atau GHS (Glutathion Sulph Hydril) adalah protein yang terdiri dari 3 Asam Amino utama (L-Glutamic Acid, L-Cysteine, L-Glycine) dan terbentuk di dalam tubuh sejak lahir, yaitu di dalam dan luar sel tubuh di seluruh organ tubuh. 

Menurut para ahli medis International, belum ada antioksidan lain yang bisa menyamai kekuatannya karena banyaknya fungsi sel tubuh yang tergantung pada Glutathione, yaitu sekitar 70-100 triliun sel tubuh manusia. Konsentrasi paling tinggi dari Glutathione terdapat pada hati (liver).

Glutathione berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan regenerasi sel, mampu menangani radikal bebas, mengusir racun dalam tubuh sebelum racun tersebut menimbulkan bahaya. Glutathione sangat diperlukan tubuh, tanpa Glutathione maka antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E tidak akan bekerja secara optimal, itulah sebabnya Glutathione disebut sebagai master of antioksidant. Tanpa Glutathione limfosit juga tidak akan menghasilkan sistem kekebalan untuk melawan virus dan bakteri.

Fungsi dan kegunaan Glutathione yang nampak dan dapat dirasakan langsung efeknya adalah bisa meningkatkan kecerahan kulit tubuh karena memiliki efek pemutihan, menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, menghambat kulit berkerut, menjaga kesehatan rambut dan kuku. Kadar Glutathione dapat menurun seiring bertambahnya usia, flu dan luka, sering terpapa racun, dan mengidap penyakit kronis.

Glutathione juga bisa ditingkatkan jumlahnya dengan beberapa cara, yaitu: mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, memasak dengan waktu yang pas dan tidak terlalu lama supaya kandungan Glutathione tidak menurun, memasak dengan cara dikukus lebih aik untuk mempertahankan gizinya.
Sumber makanan utama yang dapat meningkatkan Glutathione dalam tubuh adalah:
  1. Asparagus
  2. Tanaman herba ini beserta alpukat, kale dan kubis merupakan sumber yang sangat kaya Glutathione, senyawa detoksifikasi yang membantu memecah karsinogen dan senyawa berbahaya lainnya seperti radikal bebas. Inilah sebabnya mengapa makan asparagus dapat membantu melindungi terhadap dan melawan bentuk-bentuk tertentu dari kanker, seperti tulang, payudara, usus besar, laring dan kanker paru-paru.
  3. Bayam dan brokoli hijau
  4. Bayam dan brokoli banyak mengandung mineral zat besi, namun jika dimakan mentah atau dikukus dapat meningkatkan Glutathione.
  5. Kubis
  6. Mengkonsumsi kubis dalam keadaan mentah tidak akan menghilangkan kandungan Glutathione di dalamnya.
  7. Taoge
  8. Selain meningkatkan kesuburan, taoge kaya potein, serat, dan vitamin C, anti inflamasi, dan mampu membuang racun dalam tubuh.
  9. Telur
  10. Mengkonsumsi telur sangat baik karena kandungan protein hewani yang bisa meningkatkan kadar Glutathione
  11. Daging segar
  12. Berasal dari daging sapi yang makan rumput atau daging ayam kampung
  13. Bawang putih
  14. Setiap hari kita tidak lepas dari bumbu masakan satu ini, ternyata selain sedap juga bermanfaat bagi tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, meningkatkan jumlah Glutathione, menstabilkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.
  15. Ikan Laut
  16. Protein dan asam lemak banyak terdapat dalam ikan atau makanan laut
  17. Jerohan
  18. Jerohan, terutama hati merupakan sumber Gutathione.
  19. Wortel
  20. Wortel mengandung Glutathione tinggi, mengandung karotenoid untuk kesehatan mata dan tubuh.
  21. Ubi jalar
  22. Ubi jalar tidak hanya nikmat dimakan namun menmiliki kandungan antioksidan tinggi terutama jenis ubi ungu. Rutin mengkonsumsi ubi jalar dapat memperlancar pembuangan kotoran dan mencegah sembelit.

1 comment:

  1. wah, baru tahu nih.. selama ini cuma makan bayam, wortel, bawang putih, kubis sama taoge.. kyknya enak yak asparagus klo dibuat sup.. jd pngn nyobain :D

    ReplyDelete