Monday, June 22, 2015

Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes


Puasa Ramadhan memang hukumnya wajib, akan tetapi ada kriteria orang-orang yang diperbolehkan tidak berpuasa, seperti penderita diabetes. Momentnya yang hanya ada setahun sekali, membuat beberapa penderita diabetes juga ingin merasakan nikmatnya ibadah puasa Ramadhan. Berikut ini tips dan cara berpuasa bagi penderita diabetes:
  1. Hindari makanan manis dan berlemak
  2. Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan, tetapi bagi penderita diabetes alangkah baiknnya jika menggunakan gula rendah kalori. Serta pilih makanan yang banyak mengandung serat.

  3. Perbanyak buah dan sayur saat Sahur
  4. Menu sahur yang baik bagi penderita diabetes adalah buah dan sayur sebagai penyeimbang nasi putih. Konsumsi buah secara langsung lebih disarankan daripada dikonsumsi dalam bentuk jus karena tidak terlalu menaikkan gula darah,

  5. Makan cemilan sehat setelah tarawih
  6. Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan setelah tarawih? Tidak dilarang asalkan tidak berlebihan. Agar lebih waspada cek gula darah sebelum memakan.

  7. Rutin cek kadar gula darah
  8. Kadar gula dalam darah harus tetap dalam pantauan. Cek gula darah sebelum berbuka atau sebelum makan, setelah tarawih, saat makan sahur, dan ketika siang hari untuk memastikan tubuh Anda tidak mengalami hipoglikemia.

  9. Segera batalkan puasa saat terjadi hipoglikemia dan dehidrasi
  10. Hipoglikemia adalah kondisi dimana menurunnya kadar gula dalam darah, Ketika dalam kondisi ini harus diimbangi dengan pola makan yang seimbang. Sehingga jika hipoglikemia terjadi pada siang hari, lebih baik Anda membatalkan puasa. Begitu juga ketika terjadi dehidrasi akut. Salah satu tandanya adalah kulit Anda akan terasa sangat kering dan nampak keriput, saat itulah Anda juga harus membatalkan puasa.

0 comments:

Post a Comment