Friday, July 3, 2015

Cara Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit serius yang bisa menghilangkan nyawa seseorang, sungguh sangat membahayakan. Perlu diketahui juga bahwasannya penyakit ini tidak hanya menyerang seseorang yang memasuki usia lajut (lansia), namun usia muda juga tidak luput dari ancaman penyakit darah tinggi.  Alasannya adalah karena faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik atau keturunan, dan juga pengolahan stress yang tidak baik.

Tidak stabilnya aliran darah tidak bisa dideteksi dalam satu atau dua hari saja, namun berlangsung dalam jangka waktu lama, gejalanya juga tidak terlalu tampak. Oleh sebab itu ketika Anda sudah merasakan sering naik darah, segera periksakan ke dokter. Hipertensi adalah kondisi yang sangat berbahaya karena sering kali manusia tidak menyadari ketidakwajaran aliran darah dan bisa mengakibatkan serangan jantung yang berakhir pada kematian . 

Cara mengatasi hipertensi bertujuan untuk menstabilkan tekanan darah tinggi dan menjaganya saat sudah stabil, sehingga keluhan tentang darah tinggi berkurang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menstabilkan Tekanan Darah Tnggi, yaitu:

Melakukan Diet Hipertensi
Diet yang rendah asam lemak jenuh, kolesterol, dan garam (sodium). Makanan yang boleh dikonsumsi adalah tinggi protein, serat, magnesium, Potassium, dan kalsium. Sodium merupakan zat yang berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan karena itu juga dapat menyebabkan tekanan darah anda meningkat dengan tak stabil.

Gunakan gula khusus 
Mengkonsumsi gula artificial sebagai pengganti gula biasa dan mengkonsumsi permen atau cokelat yang rendah gula/tanpa gula jika ingin merasakan manis.

Menghindari minum alcohol
Alkohol memang tidak diperbolehkan untuk kesehatan anda karena dapat meningkatkan tekanan darah yang tak stabil bahkan hingga mengakibatkan masalah yang lebih serius dari tekanan darah.

Menghindari mengkonsumsi fruktosa
Berdasarkan hasil penelitian tahun 2010, menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi sekitar 74 gram fruktosa perhari, maka akan beresiko tekanan darahnya lebih tinggi daripada yang tidak mengkonsumsi fruktosa.

Olahraga rutin
Diketahui bahwa dengan berolahraga teratur bisa membantu untuk menurunkan tekanan anda secara teratur karena dengan menurunkan berat badan sekitar 4,5 kilogram maka tekanan darah yang tinggi akan beralih menjadi teratur. Olahraga yang tepat adalah jogging, berenang, berjalan, atau aktivitas naik-turun tangga, berkebun, dan membersihkan rumah sudah sangat menyehatkan. Olahraga bisa dilakukan kurang lebih 30 menit.

Rutin Periksa ke Dokter
Ketika usia sudah melewati angka 30 tahun, lebih baik rutin memeriksakan kondisi jantung kita sebelum terlanjur terkena hipertensi.

Konsumsi menu sehat
Mengganti menu karbohidrat dengan gandum, roti, sereal, beras merah, atau pasta. Karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Mengkonsumsi kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

Mengkonsumsi Pisang
Tak hanya untuk bahan bakar tubuh dalam beraktivitas seharian, pisang juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi. Potassium yang terdapat dalam pisang mampu mengurangi 50% garam yang merupakan penyebab utama tekanan darah.

Kondisi tekanan jantung akan stabil jika cara-cara di atas dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, serta konsisten.

0 comments:

Post a Comment