Friday, August 14, 2015

Cara Mengatasi Sariawan


Sariawan bisa diibaratkan penyakit sepele namun berdampak pada menurunnya nafsu untuk makan, bahkan bisa meningkatkan emosi sama seperti penyakit gigi. Penyakit sariawan merupakan salah satu kondisi meradang pada rongga mulut dimana rasanya sangat perih hingga ngilu ke seluruh tubuh, menurunkan imunitas dalam tubuh dan membuat tidak nyaman penderitanya. Sariawan jug adisebut sebagai penyakit masyarakat, karena hampir seluruhnya pernah merasakan penyakit ini. Namun biasanya mereka lebih memilih untuk membiarkan sariawan karena berpendapat bahwa sariawan akan hilang dengan sendirinya. Padahal penyakit sariawan yang dibiarkan secara terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya penyakit baru seperti kanker kerongkongan.

Beberapa efek penyakit sariawan yaitu membuat seseorang menjadi kehilangan nafsu makan, sulit untuk mengunyah, rasa perih dan nyeri yang menyiksa. Bibir pecah-pecah, terkadang disertai rasa pusing. Karena rasa sakit dan perih akibat luka yang terbentuk di mulut.

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran dimaksud dengan Stomatitis, yakni satu pembengkakan atau peradangan yang berlangsung di daerah seputar mulut serta lidah. Langkah menyembuhkan sariawan yang efisien dimulai dengan mengetahui pemicu terjadinya sariawan itu, sebagai berikut : Mulut tergigit, Kekurangan zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C, tertusuk sikat gigi, konsumsi makanan atau minuaman yang pedas dan asam, efek adanya virus penyakit dalam tubuh, efek bakteri saat sakit tnggorokan,  efek jamur, sistem kekebalan tubuh yang rendah, dan adanya permasalahan pencernaan dalam tubuh.

Sariawan biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu 10 hingga 14 hari namun akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika disentuh atau bersenggolan dengan makanan apalagi makanan yang pedas, asam, atau panas. Cara penyembuhan sariawan bisa dengan obat alami yang berasal dari tanaman herbal, atau bisa juga denngan cara menghindari penyebab dari munculnya sariawan. Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan adalah:

  1. Berkumur dengan air garam.
  2. Air garam dapat menarik luka sariawan sehingga mempercepat proses penyembuhan.
  3. Minum Yogurt.
  4. Minuman yogurt dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Bakteri yang bagus adalah mengandung Acidophilus hidup.
  5. Obat Tradisional.
  6. Obat-obatan tradisional yang lebih dikenal sebagai herbal alami dengan bahan-bahan lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hydrogen, jus plum, tea tree oil, dan air hangat dengan garam.
  7. Bawang dan papaya. 

  8. Menggunakan Baking Soda.
  9. Baking soda dicampur air kemudian digunakan degan cara berkumur, baking soad membanu mengholangan bakteri dan mengurangi rasa sakit.
  10. Minum vitamin dan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, sariawan terjadi karena kurangnya vitamin B, Vitamin C, zat besi dan asam folat, maka konsumsilah vitamin-vitamin tersebut karena dapat mempercepat proses penyembuhan.

Sedangkan, Cara mencegah munculnya sariawan diantaranya adalah sebagai berikut: menghindari stres yang berlebihan, banyak istirahat, merubah pola makanan menjadi lebih sehat, menjaga kebersihan rongga mulut, menghindari tergigit, mengkonsumsi vitamin C maka sariawan dapat sembuh lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment