Wednesday, October 21, 2015

Masih Berani Sepelekan Vitamin C?


Anda sering atau rutin sariawan, bibir pecah-pecah, panas dalam atau badan cepat capek, meski aktifitas tak terlalu berat?, itu tandanya anda kurang vitamin C. perlu disadari kekurangan vitamin C memang dapat menyebakan daya tahan tubuh menurun, ciri sederhananya gejala-gejala seperti diatas tadi. Tak heran mengapa ketika sakit dan berobat ke dokter, resep obat yang diberikan tak akan pernah tertinggal ada vitamin C disitu

Vitamin C, Apa Itu?

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia atau dalam istilah kesehatan disebut ascorbic acid. Askorbat (ion asam askorbat) dibutuhkan oleh semua organisme, tidak hanya oleh manusia, tumbuhan dan hewan pun sangat membutuhkan dalam proses metabolism.

Sebagai nutrisi, vitamin c berperan penting sebagai anti oksidan yakni mampu mleindungi tubuh dari berbagai radikal bebas, dan secara keseluruhan mampu meningkatkan daya tahan serta daya pulih tubuh.

Apa sih Fungsi penting vitamin C?

Kalau ditelaah, vitamin c memiliki lebih dari 300 fungsi bagi tubuh manusia, dan riset membuktikan vitamin c mampu membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker dan penyakit serius lainnya.  Seperti yang telah dijelaskan Vitamin C juga merupakan antioksidan bagi tubuh dan membantu vitamin dan mineral lainnya untuk diserap lebih baik. Asam folat dan zat besi, misalnya, fungsi vitamin c adalah untuk memaksimalkan kegunaannya.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Masyarakat umum mengganggap akibat kekurangan vitamin c hanya mengakibatkan sariawan. Hal tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya, ada benarnya juga, sebab semua itu bersumber dari minimnya pengetahuan tentang vitamin c, tak heran jika kebanyakkan masyarakat kita meremehkan efek dari kekurangan vitamin c. padahal efek-efek lainnya dari kekurangan vitamin c masih banyak bukan hanya sariawan. Dan efek dari kekurangan vitamin c lainnya diantaranya sebagai berikut:

Anemia
Umumnya orang mengatakan penyakit ini terjadi karena kekurangan darah. Dan memang  penderita anemia akan merasakan lemas sekujur tubuh, mudah mengantuk dan paling parah jika sampai penderitaterhambat pernafasannya bisa-bisa sampai pingsan. Itu semua adalah  sebab tubuh kekurangan sel darah merah.
Hal serupa acapkali juga kita jumpai pada wanita hamil atau sedang masa menstruasi. Dalam penyembuhannya, penderita anemia ini, asupan zat besi harus ditingkatkan. Zat besi ini bisa didapati pada sayur-sayuran, daging dan  ikan. Namun, zat besi yang tersedia tidak akan berpengaruh tanpa adanya vitamin C. Vitamin inilah yang akan mempermudah penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Tanpa vitamin C akan membuat penderita kesulitan mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala.

Kulit Kering, Kasar dan Bersisik
Memiliki kulit kering, kasar dan bersisik sungguh menjengkelkan, selain mengurangi rasa pede juga bisa merusak penampilan anda. Tahukan jika kulit kering, kasar dan bersisik itu tanda dari kurangnya asupan vitamin c ?.

Pada kondisi ini, vitamin C berperan sebagai nutrisi penting dalam mempertahankan kelembaban kulit tubuh manusia. karenanya penuhi asupan nutrisi vitamin C agar kulit tetap terlihat segar dan sehat kembali. Dan dengan kulit yang segar dan sehat maka penampilan Anda akan kembali purnarupa.

Imun Tubuh Melemah
Seringkali ketika cuaca tak menentu, kita mudah terserang batuk, pilek, demam maupun penyakit lainnya. Itu adalah pertanda anda Kekurangan vitamin C yang membuat sistem imun tubuh manusia akan melemah. Akibatnya tubuh tidak akan mampu menyerang virus dan infeksi yang datang. Solusinya,  kalau Anda merasa tubuh mulai mudah terserang penyakit, segera perbanyak konsumsi vitamin C agar sistem imun tubuh kembali normal.

Luka yang tak sembuh-sembuh
Tak kala seriusnya, akibat kekurangan vitamin c bisa menghambat pembentukan kolagen pada tubuh manusia. Kolagen inilah yang berperan penting untuk mempercepat penyembuhan pada luka, seperti akibat terjatuh, terkena pisau atau luka disebabkan oleh lainnya. Akibat terhambatnya pembentukan kolagen inilah proses penyembuhan pada luka bisa membutuhkan waktu yang lama, bahkan kalau terlambat bisa menjurus pada infeksi yang tentunnya membahayakan bagi tubuh

Gusi Berdarah
Pernah anda mengalami ketika gosok gigi, tiba-tiba berdarah. Itu juga pertanda anda sedang menderita radang gusi. Radang gusi ini terjadi  karena plak yang mengendap dan menjadi karang gigi ataupun karena tubuh kekurangan vitamin C. karena itu waktunya anda harus meningkatkan asupan vitamin c untuk, mencegah terjadinya radang gusi.


0 comments:

Post a Comment