Thursday, October 22, 2015

Mau Panjang Umur? Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Siapa yang tahu, berapa karunia umur seseorang selama di dunia, meski berpendidikan tinggi tak kan mampu memprediksi berapa lama dia menjalani hidup, sebab itu adalah rahasia Tuhan. Meski begitu, kita berkewajiban menjaga karunia tubuh ini dengan sebaik-baiknya.

Tak terelakkan, di era dimana semua bisa didapat dengan instant, pola hidup sehat makin sulit untuk diterapkan. Namun demi kebaikkan diri sendiri, sesulit apapun menerapkan pola hidup sehat harus tetap diusahakan.

Kalau kita amati dewasa ini, akibat pola hidup tidak sehat, orang (tidak memandang usia) makin mudah terkena berbagai penyakit, entah itu stroke atau penyakit jantung. Yang semua itu bermula dari tidak stabilnya tekanan darah, dan kebanyakan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Hasil penelitian mengatakan, orang yang memiliki tekanan darah tinggi rentan terhadap penyakit stroke dan jantung yang ujung-ujungnya mengarah pada kematian. Karenanya, kita dianjurkan untuk rutin mengecek tekanan darah agar bisa mencegah berbagai kemungkinan buruk. Salah satunya yakni dengan rutin mengkonsumsi obat penurun hipertensi. Sebagaimana The National Institute of Health rilis, orang yang rutin minum obat penurun hipertensi bisa menurunkan tekanan darah menjadi 120 mm Hg atau 20 mmHg. itu dilakukan pada 9.300 orang yang berusia di atas 50 tahun. Mereka yang tekanan darahnya berhasil turun, lebih sedikit mengalami serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Risiko kematiannya juga berkurang sampai seperempat.

Meski demikian, menerapkan pola hidup sehat paling disarankan untuk menurunkan hipertensi ini. Salah satunya dengan mengurangi asupan garam, karena penyebab terbesar tekanan darah tinggi adalah konsumsi garam. Bukan hanya garam yang ditambahkan pada makanan, tapi juga makanan kemasan dan minuman energi juga mengandung garam tinggi tapi sering tidak kita disadari.  

Tak kalah penting, olah raga minimal setengah jam setiap hari juga dianjurkan untuk memperlancar proses metabolis dan aliran darah. Ditambah  mengkonsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung nitrat Zat, oleh tubuh nitrat Zat tersebut akan diubah menjadi nitrat oksida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah secara alami serta bisa menurunkan tekanan darah.

0 comments:

Post a Comment