Saturday, October 24, 2015

Penampilan Tampak Tua,Tanda Dehidrasi


Setiap orang pasti ingin berpenampilan purnarupa, tampak segar, cantik bersinar dan sedap dipandang. Namun jangan bermimpi keinginan itu bisa terwujud tatkala anda menderita dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

Berasal dari kekurangan cairan dalam tubuh itulah kemudian memberikan dampak tersendiri pada kondisi kulit antara lain, tekstur kulit menjadi kasar, kering, kusam, serta tidak kenyal. Akibatnya penampilan jadi tampak menua. 

Patut diketahui bahwa penyebab dehidrasi pada kulit bisa dipicu berbagai faktor, mulai dari pengaruh cuaca, pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang minum, terpapar pendingin ruangan, diet ketat, sampai faktor usia.

Dan memang betul bahwa kulit merupakan cerminan kadar air dalam tubuh. Sehingga perlu diperhatikan dengan seksama, terkadang ada orang yang sudah cukup mengonsumsi cairan tetapi kulitnya tetap kering. Ini jadi pertanda bahwa ada sistem yang tidak jalan atau karena aquaporin dalam tubuhnya berkurang jumlahnya sehingga kemampuan kulitnya untuk menahan air menurun

Apa itu Aquaporin? 
Aquaporin adalah “pintu" khusus untuk air sehingga molekul air bebas mengalir ke dalam atau keluar sel. Pintu ini diperlukan karena air tidak bisa keluar atau masuk sel secara sembarangan. makin banyak jumlah aquaporin, makin kelembaban kondisi organ tersebut makin terjaga.

Selain aquaporin berperan memfasilitasi transportasi air di antara sel, aquaporin juga mengatur transportasi zat glycerol dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit.  Dan Glycerol ini akan meningkatkan kemampuan kulit menahan air dan melembabkan 

Karenanya untuk mengatasi dehidrasi ini, kita disarankan untuk menggunakan pelembab kulit. Sebab dengan rutin mengoleskan pelembab, baik pada wajah dan tubuh, akan dirasakan manfaatnya hingga belasan tahun kemudian. Kulit akan lebih kenyal, bersinar dan tampak muda.

Namun jangan gegabah dan sembarang dalam memilih pelembab. Sebab kulit orang Indonesia pada umumnya gampang teriritasi. Karena itu pilih produk yang tidak bersifat iritan. Tandanya adalah kita tidak perlu berulang-ulang mengoleskan pelembab tapi kulit sudah terasa kenyal.

Tentu saja untuk mendapatkan kulit sehat, yang bisa menyempurnakan penampilan agar tidak tampak tua, segar dan bersinar, kita juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Mulailah dengan mengonsumsi cukup air setiap hari sesuai aktivitas. Selain itu konsumsi minimal 19 porsi buah dalam seminggu. Pilihalah buah yang mengandung vitamin C dan Vitamin A yang banyak mengandung kadar air.


0 comments:

Post a Comment