Tuesday, October 6, 2015

Penyakit Diabetes Dapat Merusak Otak

Salah satu penyakit yang sulit disembuhkan adalah diabetes. Tidak hanya itu, fakta baru menemukan penyakit diabetes juga berkemungkinan besar merusak otak manusia. Sehingga memiliki faktor komplikasi ke arah penyakit stroke, demensia, dan alzheimer.

Tingginya kadar gula dalam darah bisa menimbulkan kerusakan pada sistem tubuh termasuk otak. Perubahan aktivitas pembuluh darah di otak dapat mengalami penurunan. Sehingga memicu penurunan fungsi kognitifBerbeda dengan orang-orang yang dapat mengontrol kadar gula darah, dapat melindungi sistem otaknya.

Hal ini telah diteliti oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Vera Novak seorang kandidat doktor dari Harvard Medical School terhadap sekelompok golongan di Amerika Serikat berusia antara 65 tahunan yang diantara sebagian menderita diabetes melitus, dan sebagian lagi tidak. Ternyata terdapat perbedaan, orang dengan diabetes melitus memiliki skor terendah untuk tes kognitif, sementara yang tanpa diabetes penurunannya stabil karena pengaruh usia.

Perbedaan tingkat penurunan tersebut dipengaruhi oleh penyakit diabetes, dimana pembuluh darah di otak kurang responsif karena tingginya kadar gula. Padahal, pembuluh darah yang normal akan mengembang karena harus mengalirkan banyak oksigen ke pembuluh darah yang aktif. Seperti ketika sedang berpikir otak penderita diabetes tidak fleksibel.


0 comments:

Post a Comment