Monday, October 26, 2015

Pria, Juga Alami Momok Keriput


Siapa yang paling cemas, ketika keriput datang? Dulu mungkin wanitalah orang yang paling mencemaskan, namun seiring makin dinamisnya pola kehidupan masa kini, ternyata pria juga merasakan hal yang sama. Tak dapat dielakkan, memang keriput merupakan bagian dari siklus penuaan, namun tak satu pun orang mengharapkan datangnya keriput diwajah. Guna menghindari masalah tersebut beragam perawatan pun ditempuh. Namun orang tak sadar meski sudah menempuh berbagai perawatan, mulai dari terbilang murah hingga mahal, ada beberapa kebiasaan pria yang malah datang meningkatkan resiko terjadinya keriput. Diantaranya:
     
Kebiasaan merokok, merokok merupakan penyebab paling umum timbulnya keriput, selain kepulan asap rokok yang kurang sedap. Untuk itu jangan segan-segan untuk berhenti merokok jika ingin mencegah datangnya keriput. Oleh sebab itu hindarilah kebiasaan merokok. dan jauhi lingkungan yang disitu banyak asap rokok. Apalagi kalau anda adalah perokok pasif, bahayanya hampir sama dengan mereka yang aktif merokok. 

Berikutnya yakni kebiasaan makan, terutama jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula (glikemik). Sebab dari proses glikasi (Sebuah proses dimana molekul gula akan menempel pada protein, termasuk kolagen pada kulit) inilah, keriput bisa datang. Termasuk efek dari proses glikasi ini, elastisitas wajah berkurang dan memicu timbulnya garis-garis halus.

Parahnya lagi, gula juga bisa memicu peradangan diseluruh tubuh yang menyebabkan naikknya kadar insulin yang diproduksi. Dari peradangan ini kemudian enzim yang dihasilkan dapat memecah kolagen dan elastin. Sehingga berakibat kulit menjadi kendur dan keriput

Kebiasaan lainnya yang bisa bikin keriput, yakni minuman beralkohol. Perlu diketahui bahwasanya alkohol memiliki sifat hepatotoxin atau dapat merusak hati. percayalah alkohol adalah sebuah racun bagi sel yang melakukan detoksifikasi pada tubuh. Dan bisa dipastikan semua alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering,

Kebiasaan berikutnya yakni malas melakukan exfoliating. Maksud exfoliating disini yakni untuk menghilangkan kotoran, kelebihan minyak serta sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Dengan terjadinya penumpukan ketiganya tersebut dapat membuat wajah terlihat lebih tua dan keriput. Meski demikian kita harus tetap berhati-hati ketika melakukan exfoliating, lakukanlah dengan benar, Pilih cream exfoliating yang bersifat abrasif. Namun kita ingatkan sekali lagi, jangan terlalu sering melakukannya, sebab terlalu seringnya exfoliating juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Terakhir, tidak menghapus make up sebelum tidur. Seperti kita ketahui bersama bahwa Make up dan juga polusi lingkungan yang menumpuk saat beraktivitas dapat meresap ke pori-pori. Pada kondisi inilah proses penuaan serta terbentukknya garis-garis halus dan kerutan pada wajah bisa terjadi. 

0 comments:

Post a Comment