Saturday, November 14, 2015

Badan dan mata kuning, berbahayakah?

image: source
Panik, mungkin itu reaksi pertama ketika seseorang menyadari bahwa seluruh badan serta matanya mendadak berubah warna menjadi kuning. Kok bisa berubah menjadi kuning, apa ini yang orang mengatakan penyakit kuning itu?

Benar sekali itu penyakit kuning yang dalam istilah medisnya disebut dengan icterus atau jaundice. Penyakit ini muncul karena adanya permasalahan pada liver/ hati yang tanda-tanda fisiknya bisa dilihat adanya perubahan warna asli pada bola mata (sclera), dan kulit menjadi kuning, serta mukosa pada penderita.  Hal ini terkait dengan metabolisme bilirubin, tepatnya gangguan pada sistem hepatobilier (sistem hati dan kandung empedu).

Sebenarnya banyak sekali penyebab penyakit ini, bisa penyakit bawaan sejak lahir, infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit malaria, karena mengonsumsi obat tertentu, ataupun karena gangguan pada sistem dari kandung empedu penderita. 

Dan yang penyebab paling sering adalah  Hepatitis dan Sirois, bisa Hepatitis A, B dan C. kebanyakan sih yang dialami oleh orang hepatitis A yang cirinya mudah dikenali, yakni demam dan adanya permasalahan dipencernaan yang dalam waktu singkat muncul ‘kuning’ seperti itu. Inilah gejala awal hepatitis A. 

Namun jangan khawatir, hepatitis A ini tidaklah berbahaya. Ia mudah disembuhkan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Yang perlu kita waspadai adalah hepatitis B dan C, keduanya tergolong agak berat dan parah dimana dalam proses penyembuhannya penderita harus dirawat dirumah sakit sampai sembuh total.

0 comments:

Post a Comment