Friday, November 6, 2015

Buah dan Sayuran “AMPUH” untuk Detoksifikasi Racun Tubuh

Tak bisa dihindari dengan kondisi lingkungan seperti yang sekarang ini, dimana tingkat polusi dan kualitas udara yang tidak sehat hasil dari laju perkembangan pembangunan yang kian hari kian meningkat, berdampak negatif bagi tubuh. Tubuh kita jadi rawan terekspos oleh beragam unsur yang mengandung racun. Dengan intensitas racun yang berlebih dalam tubuh itulah bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada diri kita, mulai dari gangguan pernafasan, paru-paru, jantung hingga kanker.

Oleh karenanya, kita harus peka melihat kondisi tubuh kita dengan rutin melakukan pembersihan terhadap racun yang ada dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan detosifikasi.

Pada dasarnya, detoksifikasi adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk menetralkan, mengubah, dan membuang racun atau unsur tak diinginkan. Dalam prosesnya, detoksifikasi ini berkerja secara bersamaan antara mengurangi racun yang masuk ke dalam tubuh, dengan mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi detoksifikasi tersebut.

Metode detoksifkasi ini banyak macamnya, diantaranya yakni dengan mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melakukan pembuangan racun. Adalah sayur dan buah-buahan segar kategori makanan yang sangat dianjurkan karena nutrisinya mudah diserap tubuh dibanding makanan yang telah diolah dan kandungan serat sayur dan buah juga efektif mendorong timbunan racun dari tubuh.


Berikut beberapa jenis bahan makanan yang  terbukti sangat efektif membantu proses detoksifikasi :

Lemon
Image: source
Buah ini paling rekonmendate untuk proses detoksifikasi, karena  kaya kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat baik bagi kulit dan efektif memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab gangguan kesehatan. Ditambah kandungan  asam sitrus-nya yang juga ikut membantu tubuh mengeluarkan racun dan menstimulasi saluran pencernaan, juga membantu hati dalam proses pengeluaran racun.


Jahe

Image: source
Kandungan antioksidan pada jahe sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh, selain fungsi jahe dikenal mampu memperlancar sistem pencernakan dan mengurangi kandungan gas dalam pencernaan . wedang jahe adalah cara paling mudah dalam pengkonsumsian dan penyajiannya.


Bawang Putih

Image: source
Salah satu bumbu masak ini sudah lama dikenal orang  mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Meski aromanya sedikit menyengat dan tak disukai, ternyata bawang putih memiliki fungsi anti virus, anti bakteri, antibiotik, serta kaya kandungan allicin yang mendorong pembentukan sel darah putih serta memerangi racun dalam tubuh. Dan sebaiknya dalam pengkonsumsiannya bawang putih dimakan dalam keadaan mentah.


Artichoke
Image: source
Artichoke adalah salah satu sayuran yang populer pada musim dingin dan dimakan kuncup bunga dari wilayah Mediterania dikenal sejak zaman kuno untuk kualitas obat dan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Meski jenis sayuran ini tidak berasal dari Indonesia, kita bisa mendapatkannya di beberpa supermarket.  Bahan makanan sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah Anda memanjakan diri dengan makanan berlemak dan minuman beralkohol. Juga kandungan serat dan antioksi yang tinggi sangat membantu tubuh mencerna makanan berlemak. Disamping ia memiliki kemampuan menstimulasi dan meningkatkan kerja hati dalam proses pengeluaran racun dari tubuh.


Beetroot
image: source

Buah bit (beetroot) mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat indonesia. Karena memang  sayuran ini berasal dari Amerika Utara. Salah satu cara mengolah bit adalah dengan menjadikan minuman kesehatan seperti jus buah.

Banyak sekali manfaat buah bit untuk kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, membantu produksi sel darah sampai membasmi sel tumor dan kanker. Dan bagi mereka yang memerlukan ‘suntikan’ gizi secara cepat, buah bit ini sangat cocok. Ia kaya dengan kandungan magnesium, zat besi, dan vitamin C, jenis sayuran ini sering dianggap sebagai salah satu superfood karena baik bagi kesehatan. 

Beetroot juga baik bagi kesehatan kulit, rambut dan menurunkan kolesterol, serta membantu pembuangan racun oleh hati. Itulah kenapa resep jus beetroot ini banyak dicari orang.


Cabbage
image: source
Kita mengenalnya denga nama kubis, dan dipasaran stock sayuran ini berlimpah. Tidak hanya kita yang memanfaatkan jenis sayur ini, Banyak selebriti dunia mengandalkan cabbage soup diet untuk menurunkan berat badan secara cepat sebelum tampil dalam acara-acara penting. 
Dan  cabbage merupakan juga salah satu bahan makanan yang baik untuk detoksifikasi. Sebut saja unsur kimia sulforaphane didalamnya, unsur tersebutlah yang membantu tubuh memerangi racun. Ada lagi kandungan glutathione-nya, antioksidan yang bisa membantu fungsi detoksifikasi pada organ hati.

2 comments:

  1. terimakasih informasinya gan, sangat bermanfaat sekali. Terus menulis info yang bermanfaat.

    ReplyDelete