Wednesday, November 4, 2015

Keringat Jangan Dibenci, Karena Ia Banyak Beri Manfaat


Keringat kerap disandingkan dengan bau badan, yang akrap kita jumpai pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak, siku, belakang telinga, dan lipatan-lipatan tubuh lainnya. Ini adalah bentuk reaksi cairan keringat yang bertemu dengan bakteri tertentu sehingga menimbulkan aroma tak sedap. 

Karena sebab itulah orang pada umumnya benci pada keringat. Meraka tak menyadari keluarnya keringat dari dalam tubuh adalah pertanda baik kesehatan.

Sebagaimana dijelaskan oleh dr Grace Tumbelaka SpKO Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, manusia memang harus berkeringat. Karena keringat berfungsi memberi perlindungan penting bagi tubuh kita. Keringat dapat mendinginkan suhu tubuh kita yang panas akibat banyak bergerak. Sementara suhu panas di tubuh harus didinginkan.

Selain itu, cairan keringat yang memenuhi tubuh juga memberi manfaat dan kegunaan tersendiri bagi tubuh manusia diantaranya :

Tanda baiknya kerja jantung 
Cara paling sederhana untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung adalah dengan melihat intensitas keluarnya keringat pada tubuh. Dengan lancarnya keringat yang keluar, menandakan jantung seseorang bekerja aktif dan menjadikannya sehat. Berkeringat juga turut membantu memperlancar peredaran darah dan sekaligus menjaga suhu tubuh tetap optimal sesuai dengan yang dibutuhkan

Kulit menjadi lebih segar 
Fungsi keringat berikutnya yakni membuang kotoran pada kulit. Yang secara otomatis ketika cairan keringat keluar akan mencuci dan menjadikan kulit terasa lebih lembab dan tampak segar. 

Membantu ginjal lebih sehat 
Karena bentuknya cair, orang yang mengeluarkan keringat akan kehilangan cairan dari tubuhnya. Orang akan merasakan haus dan ingin minum lebih banyak lagi, kondisi ini biasa kita menyebutnya hidrasi. Ketika tubuh terhidrasi, ginjal kita akan bekerja dan pasokan air tadi akan memperingan kerja ginjal. Pasokan air ini juga membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan.

Membuang racun tubuh
Dan lagi keistimewaan keringat, ia mampu menetralisir racun yang tidak bermanfaat bagi tubuh dengan mengeluarkannya melalui pori-pori kulit, efeknya seseorang akan merasa jauh lebih bugar dan sehat.

0 comments:

Post a Comment