Saturday, November 7, 2015

Tak Cuma Umur, Jantung Pun Juga Punya Usia

Image: source
Tak disangka jantung kita ternyata juga punya usia, layaknya umur. Jadi jangan heran ada perbedaan usia antara umur dengan jantung kita. 

Terus bagaimana cara menghitung usia jantung kita?, adakah alatnya? Tentu saja di negara kita alat untuk mendeteksi usia jantung belumlah ada, hanya saja akses untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung bisa didapat diberbagai rumah sakit yang tersebat di daerah-daerah diseluruh Indonesia. 

Kabar gembiranya, kalkulator usia jantung dibeberapa negara maju, seperti Amerika secara resmi sudah mempergunakan alat tersebut yang penggunaanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia 30-86 tahun. Cara kerjanya dengan mengkombinasikan komponen antara berat masa tubuh, tekanan darah, profil indeks masa tubuh, riwayat kesehatan dan kebiasaan merokok, serta diabetes. 

Dan kita bisa “pinjam” alat predictor usia jantung tersebut sebagai perkiraan pribadi untuk mengetahui berapa usia jantung kita saat ini?. Usia jantung kita saat ini bisa dihitung berdasarkan profil indeks masa tubuh, tekanan darah, riwayat kebiasaan merokok, serta diabetes. Misalnya kita berumur 53 tahun, namun karena kita saat ini menderita tekanan darah tinggi dan memiliki kebiasaan merokok, usia jantung kita bisa jadi 75 tahun.

Seperti inilah gambaran kalkulator usia jantung itu:

ilustrasi kalkulator jantung


















Catatan:
>> Gambar diatas hanyalah ilustrasi
>> Jika Anda ingin mengetahui berapa umur jantung Anda? Silakan klik Kalkulator Jantung.
>> Kolom Body Mass Index (BMI) silakan hitung di link Body Mass Index

0 comments:

Post a Comment