Tuesday, November 17, 2015

Waspadai, Batu Ginjal Diproduksi Oleh Makanan Ini



Ginjal merupakan salah satu organ dalam yang nilainya mahal dan memiliki fungsi serta peranan penting pada tubuh manusia. Karenanya sudah menjadi sebuah keharusan kita untuk menjaga agar kondisi ginjal tersebut terus sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

Dan perlu diketahui ginjal punya ‘musuh’ yang patut diwaspadai yakni ‘batu ginjal’. Orang yang pernah terserang batu ginjal ini, tahu pasti bagaimana hebatnya rasa sakit yang ditimbulkan pada saat nyeri batu ginjal ini menyerang.

Sebenarnya batu ginjal ini lebih berupa kerak yang merupakan hasil dari penumpukan mineral pada ginjal manusia. Dan kebanyakan pemicu pembentukan batu ginkal ini bersumber dari konsumsi makanan tidak sehat yang menyebabkan kelebihan berat badan dan tidak bersahabat dengan ginjal kita.

Dan berikut adalah beberapa makanan yang patut untuk waspadai agar penyakit batu ginjal tak menyerang kesehatan Anda.

Daging merah
Mengkonsumsi daging merah memang baik dan disarankan sebagai penyedia zat besi bagi tubuh dan darah. Namun kita perlu berhati-hati, sebab daging merah  selain tinggi lemak, daging merah juga tinggi akan protein dan protein mampu meningkatkan risiko produksi batu ginjal karena kadar asam urat di dalamnya. Tingginya kandungan asam urat dalam tubuh itulah yang mampu memicu produksi batu ginjal.

Minuman berkarbonasi
Kebiasaan minum minuman berkarbonasi sejak awal memang tidak baik, meski kebanyakan orang mengidolakan sebagai minuman penawar dahaga dan penambah energi. Padahal dibalik segarnya minuman berkarbonasi itu ada asam fosfat yang bisa  memicu produksi batu ginjal.

Karbohidrat olahan
Nasi memang menu utama tak tergantikan bagi kita khususnya orang Indonesia. Apalagi ia penghasil karbohidrat terbaik, selain roti, mie dan makanan bertepung halus lainnya. Namun karena ia  termasuk ke dalam kategori makanan berkarbohidrat olahan yang bisa meningkatkan produksi insulin yang erat hubungannya dengan infeksi saluran kemih. Pada giliran berikutnya ia pun mampu memicu pembentukan batu ginjal.

Kafein
Pada takaran tertentu minum kopi baik bagi kesehatan. Tapi kalau melebihi, kandungan kafein pada kopi   akan mampu meningkatkan sekresi kalsium dalam urin yang membuka kesempatan untuk produksi batu ginjal.


Pemanis buatan
Dari sebutannya saja, kita sudah bisa menyimpulkan kalau pemanis buatan berdampak buruk bagi kesehatan. Sementara peredaran makanan dengan memakai bahan dasar pemanis buatan tak mampu dicegah dan kita sendiri terkadang tak menyadari pula kalau telah mengkonsumsinya.
Dengan sadar atau tanpa sadar bahaya mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan selalu membayangi kondisi kesehatan fungsi ginjal kita.

Alkohol
Jangan sekali-kali mendekati minuman beralkohol apalagi sampai meminumnya secara berlebihan. Dampak terparah mungkin bisa merusak hati dan ginjal kita. dengan kondisi ginjal yang rusak bisa dipastikan ginjal tak berfungsi secara normal dan itu berakibat dehidrasi hebat yang meningkatkan risiko penyakit batu ginjal

Garam
Garam kaya akan sodium, dari zat inilah seseorang bisa berpotensi menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Jadi harus diingat, kita harus berani mengurangi makanan dengan garam bersodium tinggi, masalah makanan kita jadi hambar rasanya  jangan khawatir pakailah bumbu masak jenis rempah-rampah sebagai alternatif pengganti rasa.

0 comments:

Post a Comment