Friday, January 20, 2017

BAHAYA PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH


Lemak dan kolesterol merupakan faktor utama penumpukan plak pada dinding pembuluh darah dan lama-kelamaan membuat saluran pembuluh darah menjadi semakin sempit, sehingga akibatnya aliran darah menjadi tidak lancar. Ada 4 jenis bahaya penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah, diantaranya :

 Bahaya penyumbatan pembuluh darah di kaki

Penyumbatan pembuluh darah di kaki sendiri kerap terjadi pada penderita diabetes. Penyumbatan pembuluh darah di kaki bisa membuat kaki penderita lama-kelamaan berwarna hitam dan mengalami kematian jaringan. Dalam kondisi parah, kaki harus diamputasi. Sayangnya, penyakit ini sering tak terdeteksi sejak awal karena tidak ada rasa nyeri pada bagian kaki.

 Bahaya penyumbatan pembuluh darah di jantun

Penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi hampir di semua bagian tubuh, namun yang lebih menyebabkan kematian ialah jika terjadi di jantung dan otak. Jika hal ini dibiarkan terjadi pada pembuluh jantung, maka otot jantung menjadi kekurangan pasokan darah dan akibatnya bisa fatal.

 Bahaya penyumbatan pembuluh darah di otak/kepala

Penyumbatan pembuluh darah di otak atau kepala berasal dari tiga kondisi : pembentukan bekuan dalam pembuluh darah otak atau leher, gerakan gumpalan dari bagian lain dari tubuh seperti jantung ke otak, atau penyempitan parah arteri dari atau menuju ke otak.

 Bahaya penyumbatan pembuluh darah di dalam paru-paru

Hambatan dalam paru-paru dapat mengganggu fungsi organ. Apabila terlalu lama kekurangan oksigen bisa membuat jaringan organ tersebut rusak secara permanen.


Penyebab paling umum penyumbatan pembuluh darah baik pada otak kepala, jantung, kaki dan paru-paru adalah plak. Laju aliran darah dalam pembuluh dapat terganggu oleh adanya tumpukan lemak dan kolesterol yang menempel pada arteri. Oleh sebab itu, plak tersebut harus segera dikikis (dibuang) sebelum menumpuk dan menghambat aliran darah.


0 comments:

Post a Comment