Enno Lerian

Rahasia Enno Lerian Untuk Tampil Cantik di Depan Suaminya

Dinda Kirana

Dinda Kirana juga lakukan treatment Glutathione untuk kesehatan dan kecantikan kulitnya

Narji Cagur Beserta Istri Tercinta

Sebelum berangkat umroh Narji Cagur beserta Istri melakukan treatment infus Vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya selama menjalankan ibadan umroh

Enno Lerian

Pentingnya protein Glutathione bagi kesehatan dan kecantikan kulit di usianya yang menginjak kepala tiga

Tempat Terapi Yang Nyaman

Tempat treatment yang nyaman menjadi prioritas kami untuk melayani konsumen dan pasien

Friday, May 22, 2015

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C


Seperti diketahui, vitamin C sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Sumber vitamin C dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Buah-buahan segar dan sayuran berwarna terang banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi vitamin C haruslah dilakukan dengan hati-hati. Mengkonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dapat mengakibatkan iritasi pada dinding lambung. Selain itu juga dapat menimbulkan batu pada ginjal dan rasa nyeri ketika buang air kecil.

Begitu pula bila vitamin C yang kita konsumsi kurang dari dosis yang dianjurkan, akan berakibat buruk bagi kesehatan. Tanda-tanda kekurangan vitamin C yang dapat terlihat adalah :

  1. Mudah lelah
  2. Gejala yang paling mudah diketahui dan dikatakan sebagai gejala awal kekurangan vitamin C terlihat dari keadaan tubuh yang merasa mudah lelah. Namun hal ini tidak menjadi patokan yang pasti. Karena mudah lelah juga bisa ditimbulkan dari penyakit lain.

  3. Anemia atau kurang darah
  4. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk mengatasi masalah kekurangan sel darah merah, dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi zat besi. Salah satu manfaat vitamin C yaitu membantu dalam proses penyerapan zat besi. Umumnya wanita yang sedang menstruasi atau hamil lebih beresiko terkena anemia. Sedangkan sumber zat besi sendiri dapat diperoleh dari ikan, sayuran dan daging. Anemia memiliki gejala seperti lesu, lemas, kurang energi dan mudah mengantuk. Dalam kondisi yang parah, dapat menyebabkan napas tersengal-sengal dan bisa mengakibatkan tidak sadarkan diri.

  5. Kulit kasar dan kering
  6. Manfaat vitamin C salah satunya sebagai anti oksidan bagi tubuh. Bila tubuh kekurangan vitamin C maka kulit akan terlihat kering dan kasar. Termasuk kulit yang berada di sela-sela jari pun akan terlihat keriput. Perlu diketahui, jika vitamin C penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen dapat memperkuat seluruh struktur dalam tubuh dan melindungi struktur kulit dengan cara menghindari penyerapan dan penyebaran pathogen, racun-racun, dan sel kanker.

  7. Mudah terkena infeksi
  8. Pada umumnya, kekurangan vitamin C akan terlihat dari gangguan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan melawan penyebab infeksi akan menurun. Akibatnya bila tubuh terluka, maka akan sulit untuk disembuhkan. Selain itu tubuh akan mudah memar. Memar berlebihan merupakan tanda kimia dalam tubuh, akan perlunya peningkatan pasokan vitamin C.

  9. Masalah pada gigi dan gusi
  10. Dosis harian vitamin C yang cukup akan berkontribusi pada kesehatan gigi dan gusi. Jika asupan vitamin C kurang, maka akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Ditandai dengan timbulnya pendarahan pada gusi dan gigi yang mudah tanggal. Peran vitamin C pada kesehatan gigi dan gusi adalah membantu mensintesis kolagen yang dibutuhkan oleh jaringan gusi dan gigi.

  11. Kerusakan pada jaringan jantung
  12. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, akan memperkuat jantung. Kekurangan vitamin C dapat membuat kerusakan pada sel-sel pembuluh darah. Kerusakan tersebut biasanya akan terisi oleh kolesterol dan menyebabkan gangguan pada jantung. Oleh karena itu, vitamin C membantu menjaga kesehatan jantung.

  13. Nyeri pada otot dan sendi
  14. Nyeri pada sendi dan otot juga merupakan salah satu dampak dari kekurangan vitamin C. Saat tubuh kekurangan vitamin C, maka kekuatan tulang dan sendi menjadi kurang stabil.

  15. Wajah terlihat lebih tua dibandingkan usia sebenarnya.
  16. Vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang memperkuat struktur dalam tubuh dan melindungi struktur kulit dengan cara menghindari penyerapan dan penyebaran pantogen, racun dan sel kanker. Bila produksi kolagen menurun, maka struktur sel akan melemah, kulit menipis, berkerut dan kendur.

Jika memiliki tanda-tanda kekurangan vitamin C, segeralah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Atau dengan cara menambah asupan menggunakan suplemen vitamin C.

Thursday, May 21, 2015

Fakta Seputar Vitamin C


Vitamin C saat ini banyak disebut orang sebagai rajanya vitamin. Dan merupakan vitamin yang banyak diminati untuk di konsumsi. Terutama bagi orang yang tinggal di kota-kota besar. Tingkat polusi yang tinggi, faktor cuaca, tingkat stress dan kelelahan merupakan faktor pemicu timbulnya berbagai macam penyakit. Dan vitamin C dipercaya dapat menangkal timbulnya penyakit

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam karbonat.

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut pada kulit, urat, tulang rawan dan jaringan lain di tubuh manusia.

Manfaat Vitamin C

Manfaat vitamin C yang dapat berguna untuk tubuh yaitu :
  1. Menurunkan resiko kanker . Vitamin C mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamine (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh beberapa mahasiswa berkurang sampai 81% ketika diberi vitamin C.
  2. Mencegah diabetes.
  3. Mencegah panas dalam.
  4. Meningkatkan stamina ( tidak mudah lelah).
  5. Mencegah dan menyembuhkan penyakit sariawan.
  6. Mencegah stroke dan jantung koroner.
  7. Mempercepat pemulihan setelah sakit, atau setelah operasi.
  8. Mengurangi racun di dalam liver.
  9. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  10. Merupakan anti aging dan anti oksidan. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh.
  11. Mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Ketika mengkonsumsi vitamin C, peredaran darah menjadi lancar, sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin C juga merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.
  12. Membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran


Sumber Vitamin C
Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi vitamin C, ada baiknya kita ketahui pula sumber vitamin C tersebut. Untuk memenuhi asupan vitamin C, kita dapat mengkonsumsi buah segar dan sayuran. Pendapat yang mengatakan jeruk sebagai sumber vitamin C terbesar, ternyata tidak sepenuhnya benar. Ternyata vitamin C pada lemon lebih banyak 47% daripada jeruk.

Kita juga dapat menemukan vitamin C pada kiwi, strawberry, paprika, jambu biji, papaya dan sayur-sayuran seperti brokoli, kecambah, kacang-kacangan, kubis dan lain sebagainya.

Konsumsi Vitamin C
Penetapan jumlah asupan Vitamin C oleh badan international tidak sama. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan konsumsi vitamin C hanya 45 mg sehari. Food Standars Agency di Inggris menetapkan sebesar 40 mg per hari. Sedangkan National Academy of Sciences di Amerika Serikat menetapkan antara 60-95 mg per hari.

Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang berlebihan sangatlah tidak bijak. Meskipun kita tahu, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari vitamin C. Dosis yang berlebihan justru beresiko untuk kesehatan. Karena bisa mengakibatkan iritasi pada dinding lambung dan menimbulkan batu pada ginjal. Oleh karena itu sangat dianjurkan konsumsi vitamin C melalui infus atau injeksi yang aman bagi lambung.

Namun, kekurangan asupan vitamin C juga tidak baik. Gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin C antara lain kehilangan gairah makan, kram otot, gusi berdarah, anemia, panas dalam, terjadinya infeksi, kulit kering, rambut bercabang, proses penyembuhan yang lambat serta wajah yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Monday, May 18, 2015

4 Cara Mudah Mengecilkan Pori-pori Wajah


Pernah memperhatikan wajah dan melihat di beberapa bagian tampak pori-pori tampak jelas?pori-pori yang besar sangat mengganggu kecantikan wajah, karena wajah tampak kasar dan cenderung berminyak. Untuk itu pori-pori wajah yang tampak besar sering diupayakan untuk diperkecil dengan berbagai cara, baik secara alami maupun kimiawi. Bahan-bahan alami yang umum digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah antara lain es batu, air es, dan putih telur. Sedangkan cara kimia yang biasa dipakai untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah mikrodermabrasi yang biasa dilakukan di klinik atau salon-salon kecantikan.

Es Batu

Penggunaan es batu untuk mengecilkan pori-pori wajah umumnya dilakukan setelah melakukan peeling atau masker wajah. Caranya pecahkan es batu dalam ukuran kecil agar lebih mudah digunakan di wajah. Setelah aktifitas peeling atau masker wajah selesai, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Usapkan pecahan es batu ke bagian wajah seikit demi sedikit secara merata. Pada bagian yang pori-porinya membesar putar-putar searah jarum jam sekitar 1-2 menit. Misalnya di bagian kening, hidung, dagu. Setelah semua bagian telah terkompres dengan es batu, keringkan dengan menekan-nekan wajah memakai handuk. Lakukan secara rutin setidaknya seminggu 2 kali, terutama di malam hari.

Air Es

Air es juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah sebagai pengganti es batu. Penggunaan air es bisa dilakukan setelah pemakaian masker atau peeling, atau sesudah membersihkan wajah. Caranya, siapkan air es dalam baskom. Setelah wajah dipastikan bersih, usapkan air es ke seluruh wajah. Pada bagian yang proi-porinya besar, lakukan pengompresan secara sederhana memakai telapak tangan selama kurang lebih 1-2 menit. Ganti air bila mulai tidak dingin lagi. Setelah dirasa cukup, biarkan air di wajah suhunya menjadi normal, baru keringkan dengan handuk dengan cara ditekan-tekan lembut.

Putih Telur

Beberapa resep kue menyisihkan putih telur, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk masker wajah. Masker putih telur bisa menghaluskan kulit karena berperan dalam merapatkan pori-pori wajah. Pastikan memakai putih telur yang masih segar. Bila disimpan dalam lemari pendingin, tidak lebih dari 3 hari. Siapkan 1 sendok makan putih telur, bisa putih telur saja atau tambahkan madu secukupnya. Fungsi madu untuk melembabkan kulit wajah. Oleskan putih telur secara merata ke seluruh wajah, terutama pada bagian sekitar hidung, kening, dan dagu atau bagian lain yang diperlukan (leher). Hindari bagian kelopak mata dan bibir. Diamkan selama kurang lebih 10 menit atau sampai putih telur benar-benar mengering. Selama menunggu sebaiknya Anda tidak melakukan aktifitas apapun. Anda bisa rileks sambil memejamkan mata.

Setelah putih telur mengering, bersihkan mennggunakan handuk basah hangat. Usapkan handuk secara merata. Setelah bersih, usap wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan menekan-nekankan handuk secara lembut atau keringkan biarkan mengering sendiri.

Mikrodermabrasi

Mengecilkan pori-pori wajah dengan cara mikrodermabrasi biasanya dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Terapis di klinik akan mengoleskan bahan kimia tertentu lalu melakukan serangkaian perawatan dengan alat khusus. Perawatan ini membutuhkan waktu setidaknya 30 menit.

Nah..Anda sendiri lebih cocok dengan cara yang mana?

Friday, May 15, 2015

Penyebab Penuaan Dini


Pernah kan melihat kerutan di sudut mata?Flek hitam?Kantung mata berwarna gelap? Itu adalah beberapa gejala atau tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Penuaan dini tidak hanya terjadi pada wanita. Laki-laki pun bisa mengalami penuaan dini. Memang tidak berbahaya, tapi tentu sangat mengganggu. Karena seseorang akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini terutama pada kulit wajah. Berikut ini faktor-faktor tersebut :

- Lingkungan.

Lingkungan yang dimaksud adalah suhu, kelembaban, dan kualitas udara. Suhu yang terlalu kering dan dingin (atau terlalu panas) dapat menyebabkan penuaan dini. Kualitas udara yang kotor penuh polusi juga sangat mudah menimbulkan gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini. Selain itu paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat meningkatkan resiko penuaan dini.

- Makanan dan minuman

Memilih makanan dan minuman sangat penting. Karena beberapa jenis makanan dan minuman dapat menjadi penyebab penuaan dini. Makanan yang menyebabkan penuaan dini antara lain makanan daging olahan yang mengandung bahan pengawet, makanan bakar yang terpapar arang atau dibakar sampai gosong (karena adanya kandungan hidrokarbon pro inflamasi penyebab kerusakan kolagen), dan makanan yang mengandung lemak trans. Sementara jenis minuman yang dapat menyebabkan penuaan dini diantaranya minuman beralkohol.

Selain itu bila Anda kurang minum air putih dan kurang makanan segar (buah dan sayur), maka penuaan dini tak segan untuk menghampiri.

- Diet

Diet juga dapat menyebabkan penuaan dini bila tidak dilakukan dengan seimbang. Karena pada saat diet tidak sehat dijalankan, tubuh akan kekurangan asupan berbagai vitamin yang penting bagi proses regenerasi kulit. Sama halnya dengan diet gula yang dilakukan tanpa pengawasan ahli gizi. 

- Gaya Hidup

Hal yang terkait dengan gaya hidup yang dapat menyebabkan penuaan dini adalah kebiasaan berolahraga dan pola tidur. Kurang olah raga membuat berkurangnya asupan oksigen di kulit dan bila berlangsung lama terjadilah penuaan dini. Sementara kurang tidur bisa menyebabkan penuaan dini salah satunya karena saat tidur seluruh sel-sel di tubuh melakukan regenerasi, termasuk sel-sel di kulit. Jadi kalau kurang tidur otomatis akan mengurangi atau menghambat proses regenarasi sel-sel kulit.

- Perawatan kulit

Kulit membutuhkan perawatan yang rutin, terutama untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Bila dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu lama tentu yang akan terjadi adalah berbagai masalah kulit termasuk penuaan dini. Tetapi perlu diperhatikan juga, produk-produk perawatan yang dipakai harus tepat. Salah memilih produk bisa membuyarkan harapan Anda untuk mempunyai kulit yang tampak lebih muda.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada kulit wajah. Dengan mengenali penyebabnya, maka Anda bisa menentukan cara pencegahan dan mengatasinya.

Wednesday, May 13, 2015

Maksimalkan Fungsi Hati dengan Detoksifikasi


Fungsi organ hati pada tubuh manusia adalah untuk membantu menyaring zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Pola makan dan pola hidup yang tidak baik menyebabkan hati bekerja keras dan beresiko merusak fungsi hati. Kerusakan fungsi hati bisa diikuti dengan kerusakan organ penyaring lainnya, seperti ginjal. Untuk memperbaiki fungsi hati, bisa dilakukan detoksifikasi.

Detoksifikasi sendiri aktifitas yang dapat membersihkan tubuh dari racun-racun yang membahayakan. Detoksifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik alami maupun dengan alat atau obat-obatan tertentu. Dengan melakukan detoksifikasi, organ-organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun diharapkan akan kembali segar dan kemampuannya menyaring racun semakin meningkat. Hal tersebut tentu akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh.


Bahan makanan yang bisa digunakan untuk detoksifikasi hati antara lain :
  • Sayuran hijau, contohnya sayur brokoli, bayam, seledri, sawi-sawian.
  • Wortel, wortel yang dipakai bisa wortel lokal maupun impor
  • Buah-buahan, beberapa buah yang biasa digunakan untuk detoks diantaranya alpukat, lemon, dan apel. Buah-buah tersebut mensuplai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan racun.
  • Kacang kenari, kacang ini dapat membantu proses detoksifikasi hati karena kandungan gluthatione dan lemak omega 3.
  • Teh hijau, bahan ini kaya dengan anti oksidan sehingga sangat baik untuk detoksifikasi hati.
  • Kunyit dan temulawak, kedua bahan ini umum digunakan dalam satu kali pakai sekaligus.
  • Bawang putih, senyawa yang berperan untuk detoks pada bawang putih adalah sulfur.
  • Asparagus, sayuran ini dapat membersihkan racun yang dihasilkan oleh alkohol.

Bahan-bahan tersebut umumnya dikonsumsi dalam keadaan mentah sehingga kandungan gizi yang dibutuhkan untuk mendetoksifikasi hati masih utuh. Bisa dalam bentuk jus atau dikunyah dalam keadaan mentah begitu saja, contohnya bawang putih.

Aktifitas untuk Detoksifikasi

Selain bahan makanan, beberapa kebiasaan baik bisa menjadi cara detoksifikasi yang efektif. Kebiasaan tersebut diantaranya:

  • Berolahraga, aktifitas ini mengeluarkan racun-racun tubuh lewat keringat. Salah satu olah raga yang dianggap efektif untuk detoks adalah yoga.
  • Minum air putih, kebiasaan ini selain untuk detoks hati juga untuk detoks ginjal. Biasakan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.
  • Menghindari stress, dengan menghindari stress maka akan kinerja organ hati akan lebih ringan.
  • Terapi air, bisa dilakukan dengan berendam air hangat selama sekitar setengah menit saja, lalu bilas dengan air dingin selama setengah menit juga.
  • Mandi sauna, dengan cara ini keringat yang berisi racun-racun tubuh akan keluar.

Mudah ya sebenarnya detoksifikasi yang bisa memperbaiki fungsi hati? Sekarang tinggal kita mau melakukannya atau tidak. Selain detoksifikasi yang rutin, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan pola hidup, termasuk tidak merokok, tidak minum alkohol, dan tidur cukup atau tidak begadang.

Tuesday, May 12, 2015

Obesitas Picu Berbagai Macam Penyakit

Obesitas identik dengan kelebihan berat badan atau overweight. Padahal obesitas dan overweight berbeda. Cara paling membedakannya adalah dengan menghitung Body Mass Index atau Index Massa Tubuh (IMT), yaitu berat badan / tinggi badan x tinggi badan. Bila hasilnya 18,5 – 29,9 maka masuk kategori normal. IMT 25– 29,9 tergolong overweight, dan IMT 30 – 34,9 baru tergolong obesitas. Jenis-jenis obesitas juga tergantung hasil perhitungan IMT. Severely obese IMT nya 35 – 39,9 dan murbidly obese IMTnya 40 atau lebih.

Obesitas sendiri ada beberapa tipe, diantaranya tipe buah apel (android), tipe buah pir (ginoid), hiperplastik, dan hipertropik. Pada tipe android, tumpukan lemak lebih terkonsentrasi pada bagian atas tubuh (perut ke atas). Sedangkan pada tipe ginoid konstrasi lemaknya lebih banyak di bagian bawah tubuh (panggul, paha). Tipe hiperplastik lebih pada ukuran sel lemak yang normal tapi jumlahnya yang tidak normal (dijumpai pada anak-anak yang obesitas). Sementara tipe hiperplastik jumlah selnya normal tapi ukurannya yang besar (biasa terjadi pada perempuan dewasa pasca melahirkan). 

Obesitas harus dihindari karena dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit. Penyakit apa saja?

Jantung, obesitas dapat meningkatkan resiko serangan penyakit jantung. Karena asupan lemak pada orang obesitas tidak diimbangi dengan keluarnya kalori lewat aktifitas. Tumpukan lemak dapat mengganggu kinerja jantung.

Hipertensi, hampir sama dengan resiko jantung, pada kasus obesitas lemak menghambat kelancaran sirkulasi darah dan sistem aliran darah. Stroke, stroke sangat rentan terjadi pada kasus obesitas. Timbunan lemak ditambah kurangnya aktifitas gerak, membuat stroke bisa kapan saja menyerang. Baik stroke ringan maupun stroke yang dapat berakibat fatal.

Gagal Ginjal, gagal ginjal sangat mungkin terjadi pada kasus obesitas sebagai dampak dari gangguan kesehatan lainnya (hipertensi, jantung, dll). Pada orang yang obesitas, ginjal bekerja lebih berat sehingga resiko kerusakannya sangat besar.

Kanker, resiko kanker sangat tinggi pada orang kasus obesitas karena jaringan lemak memproduksi estrogen secara berlebihan. Kondisi itulah yang memicu pertumbuhan kanker rahim, indung telur, kanker payudara. Kanker lainnya juga bisa muncul akibat obesitas, seperti kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker esofagus, kanker tiroid.

Diabetes, obesitas dapat memicu diabetes militus (DM) utamanya DM type II. Pada kasus obesitas, makan dalam jumlah banyak menyebabkan timbunan lemak di jaringan kulit. Lemak ini menghalangi kerja insulin sehingga terjadilah peningkatan kadar gula dalam darah.

Osteoarthritis, penyakit ini umumnya menyerang sendi pada lutut dan panggul, karena pada kasus obesitas beban yang harus ditopang oleh bagian ini bertambah hingga 4 kali lipat lebih.

Asam Urat, penyakit asam urat sangat potensial terjadi pada orang obesitas. Karena orang yang obesitas asupan proteinnya pasti lebih tinggi dari orang normal sementara kemampuan tubuh menetralisir purin terbatas.

Itulah beberapa penyakit yang mengintai pada kasus obesitas. Jika Anda mengalami obesitas harus mewaspadai penyakit-penyakit yang bisa menyerang di atas dengan cara mencegah sejak dini dengan terapi ozon. Selain juga Anda harus melakukan diet sehat untuk mengontrol obesitas dengan aktifitas yang dapat membakar lemak dan banyak-banyaklah makan buah dan sayur.

Saturday, May 9, 2015

Tak Dapat Diserap Tubuh, Vitamin C Harus Dikonsumsi Setiap Hari


Ternyata bukan tanpa alasan kenapa banyak orang memilih jeruk sebagai makanan pencuci mulut. Entah dalam bentuk buah utuh ataupun dalam bentuk minuman jus. Bahkan di Eropa dan Amerika terdapat kebiasaan minum jus jeruk setiap hari. Hal ini dikarenakan kandungan 53 mg vitamin C dalam setiap 100 gram jeruk tidak dapat disimpan dalam tubuh.

Padahal rata-rata dalam keadaan normal setiap orang butuh 75 mg vitamin C setiap hari. Dan bisa meningkat tergantung kondisi tubuh. Misalnya, orang hamil, menyusui atau orang dalam kondisi tidak vit akan membutuhkan lebih banyak vitamin C.

Dan kebutuhan tubuh akan vitamin C ini harus dipenuhi setiap hari. Tidak seperti energi lain yang bisa dicadangkan, sifat vitamin C yang larut dalam air apabila tidak dibutuhkan akan terbuang melalui urine. Inilah yang menjadikan alasan, orang Eropa dan Amerika memiliki kebiasaan minum jus jeruk setiap hari.

Selain juga karena alasan vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Vitamin C hanya bisa disuplai dari luar melalui asupan makanan dan minuman, serta suplemen vitamin C lainnya seperti gutacci yang memiliki kandungan seperti makan 15 jeruk setiap hari.

Memang ada sebagian orang yang terkendala masalah lambung dalam mengkonsumsi vitamin C. Sifatnya yang asam membuat asam lambung cepat naik. Tetapi masih ada alternatif lain, Anda yang memiliki masalah lambung bisa menambah asupan vitamin C dengan cara infus maupun injection yang dimasukkan melalui vena sehingga tidak mengganggu lambung Anda.